Surat Pengunduran Diri Karyawan, Contoh dan Cara Membuatnya

KPP621.id – Surat Pengunduran Diri Karyawan merupakan salah satu kelengkapan yang harus kamu lengkapi jika ingin resign dari suatu perusahaan. Beberapa perusahaan mewajibkan adanya surat ini pada tiap karyawan yang ingin mengundurkan diri.

Tanpa adanya surat ini pun, pengajuan resign atau pengunduran diri akan memiliki peluang yang sangat kecil untuk diterima. Oleh karena itulah, pentingnya kamu mengetahui informasi lengkap mengenai surat ini.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap seputar Surat Pengunduran Diri Karyawan. Silahkan kamu simak dengan baik agar dapat bermanfaat ketika suatu saat membutuhkannya.

Apa Itu Surat Pengunduran Diri Karyawan?

Apa Itu Surat Pengunduran Diri Karyawan

Mengundurkan diri dari perusahaan tempat kamu bekerja bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi, jika kamu sudah bekerja dalam kurun waktu yang cukup lama.

Apapun alasannya, mengundurkan diri atau resign adalah suatu hal yang sangat sensitif bagi perusahaan. Bagaimana tidak, kehilangan satu karyawan sama saja dengan kehilangan banyak peluang.

Selain itu, tidak sedikit bagi kamu yang ingin mengundurkan diri karena tidak nyaman dengan lingkup pekerjaannya. Baik dari karyawan-karyawan yang lainnya, atasan, tempat, dan sebagainya.

Hal ini memicu banyaknya karyawan-karyawan yang mengundurkan diri secara paksa tanpa pemberitahuan apa-apa. Yang mana tentunya, hal tersebut bukanlah hal yang patut untuk ditiru.

Ketika sudah bekerja dalam suatu perusahaan, terdapat etika dan peraturan yang harus diikuti. Untuk saling menguntungkan kedua belah pihak yang bekerja, dan yang memberi pekerjaan.

Jika kamu tetap ingin mengundurkan diri dari tempat kamu bekerja, usahakanlah untuk mengundurkan diri secara baik-baik. Serta mengikuti peraturan yang sudah ada yang ditetapkan oleh perusahaan.

Salah satu peraturan dan ketentuan yang diterapkan banyak perusahaan adalah mengajukan Surat Pengunduran Diri Karyawan. Surat ini wajib dibuat dan disertakan jika kamu ingin resign dari perusahaan tersebut.

Surat ini dibuat oleh karyawan yang ingin mengundurkan diri. Dengan memuat berbagai macam pemberitahuan serta informasi, paling pentingnya adalah alasan mengapa kamu ingin mengundurkan diri.

Namun, banyak informasi-informasi lainnya yang wajib kamu tuliskan dalam surat tersebut. Bukan hanya sekedar menuliskan alasannya saja, karena surat ini termasuk ke dalam surat formal yang ingin diajukan.

Surat ini dapat menjadi bentuk komunikasi formal antara karyawan dan pihak perusahaan. Yang mana, surat ini juga akan memberikan kesan yang jauh lebih baik dan sopan untuk kamu dari pihak perusahaan.

Karena kamu mengundurkan diri secara baik-baik, tertulis, dan sesuai dengan peraturan. Hingga, permohonan pengunduran diri tersebut dapat memiliki peluang lebih besar.

Baca Juga  Pengertian Berpikir Kritis Adalah, Manfaat dan Contohnya

Apa Saja Isi Dalam Surat Pengunduran Diri Karyawan?

Apa Saja Isi Dalam Surat Pengunduran Diri Karyawan

Ketika menuliskan Surat Pengunduran Diri Karyawan, pentingnya untuk memperhatikan bahasa dan etika yang kamu gunakan di dalamnya. Karena seperti yang sudah kami katakan diatas, bahwa resign adalah sesuatu yang sangat sensitif.

Selain itu, kamu juga perlu menuliskan informasi yang cukup jelas mengenai alasan dibalik adanya pengajuan surat tersebut. Informasi ini harus kamu tuliskan secara singkat, jelas, dan tidak bertele-tele.

Untuk mengetahui apa saja isi dalam Surat Pengunduran Diri Karyawan, simaklah ulasan lengkapnya dibawah ini. Pastikan juga bahwa kamu menuliskan semua isi dibawah ini agar surat tersebut terlihat lebih profesional.

1. Identitas Lengkap Karyawan

Pertama dan wajib yang harus kamu tuliskan dalam Surat Pengunduran Diri Karyawan ini adalah identitas diri. Yaitu identitas dari karyawan yang menuliskan surat tersebut.

Kamu harus menuliskan surat ini dengan identitas karyawan sejelas dan sedetail mungkin. Tujuannya adalah agar pihak perusahaan dapat mengidentifikasi identitas kamu dengan mudah.

Umunya, informasi identitas diri yang dituliskan adalah nama lengkap, NIK/NIP karyawan, jabatan, dan departemen. Pastikan juga untuk menuliskannya dengan baik tanpa adanya kesalahan tulis atau typo.

Karena walaupun kecil, hal tersebut dapat berpengaruh akan identitas kamu yang tidak diketahui dan membuat bingung perusahaan. Jadi pastikan kembali bahwa kamu menuliskan identitas kamu dengan baik dan benar.

2. Alasan Pengunduran Diri

Selanjutnya adalah informasi mengenai alasan mengapa kamu ingin mengundurkan diri. Kamu harus menjelaskan dengan sejelas mungkin mengenai alasan tersebut.

Bukan hanya itu saja, pastikan juga bahwa kamu memiliki alasan yang masuk akal dan jelas dibalik permohonan resign ini. Karena perusahaan tidak akan semudah itu menerima permohonan kamu jika alasan yang diberikan pun tidak masuk akal.

Yang terpenting adalah kamu dapat menuliskan dan menjelaskan alasan kamu ingin mengundurkan diri dengan baik. Sehingga maksud dan poin dari alasan tersebut dapat tersampaikan dengan mudah kepada pihak perusahaan.

Perlu diingat kembali, bahwa jangan memberikan alasan yang sepele dibalik pengunduran diri kamu. Sebab hal tersebut akan memberikan kesan yang tidak profesional dan kurang baik dari perusahaan.

3. Mengucapkan Terima Kasih Kepada Perusahaan

Mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan adalah salah satu isi terpenting yang wajib ada dalam Surat Pengunduran Diri Karyawan. Yang mana perusahaan tersebut telah bersedia mempekerjakan kamu menjadi karyawan mereka.

Walau masih banyak kekurangan dan kesalahan yang kamu buat, tetapi ucapkanlah terima kasih sebesar-besarnya pada pihak perusahaan. Karena telah memberikan kesempatan untuk mengasah skill dan menambah relasi lebih besar.

Jangan sungkan untuk mengucapkan terima kasih kepada tempat kamu bekerja. Ketika kamu mengundurkan diri karena suatu hal yang tidak baik, tetaplah ucapkan terima kasih sebagai tanda sopan santun.

Tentu saja hal ini pun akan membuat pihak perusahaan merasa lebih dihargai dan diapresiasi. Jadi, ucapkanlah terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak perusahaan dan biarkan mereka tahu bahwa kamu pun mengapresiasinya.

5. Mengucapkan Maaf

Setelah mengucapkan kata terima kasih, kamu juga perlu mengucapkan permohonan maaf kepada perusahaan. Yang mana kamu harus berhenti bekerja dan keluar dari perusahaan tersebut.

Baca Juga  Marketing Communication Pengertian dan Strategi Penerapannya

Dimana sebenarnya kamu masih bisa terus bekerja dalam perusahaan tersebut dan terus berhubungan kerja dengan perusahaan. Namun karena adanya suatu hal yang terpaksa dan jelas, kamu harus keluar dari perusahaan tersebut.

Tuliskanlah permintaan maaf karena kamu tidak bisa melanjutkan hubungan pekerjaan dengan perusahaan tersebut. Pastikan bahwa permintaan maaf tersebut tersampaikan dengan baik.

6. Harapan Untuk Perusahaan Kedepannya

Tidak ada salahnya kamu memberikan harapan dan doa kepada perusahaan untuk selalu terus sukses dan berkembang. Biasanya, informasi ini dituliskan di paling bawah bagian surat sebelum surat tersebut berakhir.

Tuliskanlah harapan kamu apapun itu untuk perusahaan kedepannya. Yang terpenting adalah bahwa kamu memberikan harapan yang baik dan mendoakan kesenjangan serta kesejahteraan perusahaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Setelah mengetahui apa saja isi yang harus dimuat dalam Surat Pengunduran Diri Karyawan, apakah kamu sudah ada bayangan bagaimana penulisannya? Jika belum, maka kamu dapat membaca dan menyimak contoh dibawah ini.

Kami akan memberikan kamu beberapa contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang memuat informasi selengkap mungkin. Sehingga, ketika nantinya kamu mengikuti format yang kami berikan, surat tersebut akan menjadi surat profesional untuk kamu.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Karena Suatu Alasan

Bogor, 10 November 2022

Kepada Yth,
HRD
PT Berkah Abadi Jaya

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Noval Andrian
NIK : 88999000
Jabatan : IT Support

Menyatakan dengan dibuatnya surat ini, saya ingin mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan saya sebagai IT Support di PT Berkah Abadi Jaya. Dikarenakan suatu alasan bahwasannya saya harus pindah domisili ke lain kota bersama dengan keluarga saya.

Surat ini saya ajukan satu bulan lebih awal dari tanggal yang ingin saya ajukan untuk resign. Terhitung mulai dari 10 Oktober 2022, saya berhenti bekerja di perusahaan Bapak/Ibu. Saya minta maaf yang sebesar-besarnya jika selama saya bekerja banyak melakukan kesalahan yang tidak berkenan, mohon dimaafkan. Saya akan menuntaskan pekerjaan saya dengan baik selama satu bulan kedepan.

Terima kasih karena telah memberikan saya kesempatan untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu sekalian. Semoga PT Berkah Abadi Jaya terus berkembang dan sukses di masa yang akan datang.

Hormat Saya,

Noval Andrian.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Karena Tidak Ingin Lanjut Kontrak

Sumedang, 20 April 2022

Kepada Yth,
PT Sumber Jaya Ban
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya atas nama Pujianti Febriani yang menjabat sebagai Customer Service, ingin mengajukan surat pengunduran diri kepada Bapak/Ibu. Terhitung bersamaan dengan habisnya kontrak saya di tanggal 30 April 2022. Saya ingin mengajukan pengunduran diri untuk bekerja sebagai Customer Service di PT Sumber Jaya Ban.

Karena suatu hal yang tidak dapat dipaksakan, saya tidak bisa melanjutkan kontrak kerja yang akan diberikan oleh Bapak/Ibu mengingat saya sudah bekerja di perusahaan ini selama 2 tahun. Mohon pertimbangkan kembali untuk tidak memperpanjang kontrak saya. Saya ingin membuka bisnis saya sendiri dan merintis usaha saya dengan modal yang selama ini sudah saya kumpulkan.

Baca Juga  Contoh Mind Mapping Aesthetic dan Cara Membuat yang Menarik

Serta mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa melanjutkan pekerjaan saya. Saya akan berusaha bekerja semaksimal mungkin sampai waktu kontrak saya habis untuk mengikuti peraturan perusahaan. Juga ingin mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan selama 2 tahun ini, saya dapat mengembangkan dan mengasah kemampuan saya di perusahaan ini.

Semoga PT Sumber Jaya Ban selalu sukses dan terus berkembang untuk menghasilkan produk-produk berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. Atas perhatiannya, saya ucapkan kembali terima kasih.

Hormat Saya,

Pujianti Febriani

Manfaat Mengajukan Surat Pengunduran Diri Karyawan

Manfaat Mengajukan Surat Pengunduran Diri Karyawan

Membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan ini memiliki manfaat bagi kedua belah pihak, yaitu karyawan dan perusahaan. Yang mana keduanya sama-sama diuntungkan dengan adanya surat ini.

Untuk itulah mengapa pentingnya membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan yang sudah menjadi peraturan dari perusahaan. Bukan hanya semata-mata sebagai peraturan saja, tetapi juga untuk mendapatkan manfaatnya bersamaan.

Manfaat-manfaat yang akan didapat oleh pihak karyawan dan perusahaan adalah sebagai berikut. Pastikan kamu mengetahui maksud dari manfaat ini agar kamu juga mengetahui pentingnya surat yang satu ini.

  • Menunjukkan profesionalitas dalam bekerja.
  • Menjalin hubungan baik dengan pihak perusahaan melalui surat pengunduran diri.
  • Memberi pemberitahuan kepada pihak perusahaan untuk mencari pengganti yang dapat back-up pekerjaan kamu.
  • Memutuskan hubungan pekerjaan secara baik-baik agar tidak memberikan kesan yang kurang baik.
  • Menunjukkan kejujuran dan loyalitas kamu terhadap perusahaan.
  • Kelengkapan administrasi perusahaan.

Itulah beberapa manfaat yang dihasilkan dengan membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan. Yang mana tentunya kamu harus membuat surat pengunduran diri ini dengan sebaik mungkin.

Kalau tidak, maka manfaat-manfaat tersebut sama saja tidak akan ada hasilnya untuk kedua belah pihak. Jadi, buatlah surat pengunduran yang baik dan benar jika ingin resign dari perusahaan tersebut dengan cara baik-baik pula.

FAQ About Surat Pengunduran Diri Karyawan

Kapan Sebaiknya Menyampaikan Surat Pengunduran Diri Karyawan?

Hal ini dapat tergantung dari tiap perusahaan tempat kamu bekerja. Biasanya, masing-masing perusahaan memiliki kebijakan dan peraturannya sendiri terhadap kurun waktu penyerahan surat pengunduran diri.

Namun alangkah baiknya, jika kamu mengajukan surat pengunduran diri ini satu bulan sebelum tanggal yang ditentukan. Gunanya adalah untuk memberitahukan perusahaan lebih cepat dan agar perusahaan dapat mencari pengganti karyawan baru untuk posisi yang kamu tinggalkan.

Bagaimana Cara Menyerahkan Surat Pengunduran Diri?

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah berdiskusi secara lisan dengan atasan kamu. Setelah atasan kamu meminta surat pengunduran diri, baru kamu dapat membuatnya dan menyerahkannya secara tertulis pada atasan kamu.

Untuk beberapa perusahaan, penyerahan surat pengunduran diri ini tidak selalu dilakukan dalam bentuk tertulis. Ada beberapa atasan perusahaan yang meminta untuk mengirimkannya secara online via e-mail.

Demikian beberapa informasi mengenai Surat Pengunduran Diri Karyawan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan teruslah semangat dalam mengerjakan setiap pekerjaan kamu!.

Berikut ini beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-04-29 14:50:07.