Download Contoh Slip Gaji Yang Bisa Diedit Excel, Word, PDF

KPP621.id – Slip gaji adalah hal yang pasti dimiliki oleh semua pekerja di seluruh wilayah. Meski slip ini dimiliki oleh semua pekerja, tetap saja besaran nilainya beda – beda semua, tergantung posisi kerja seseorang saat itu.

Walau terkesan tak diperlukan, sebenarnya slip ini sangat membantu karyawan atau pekerja. Pasalnya di dalam slip ini terdapat beragam rincian dan informasi seputar upah yang diperlukan oleh karyawan. Jadi walau simpel, tetap saja barang ini diperlukan.

Jika kamu mau tau beragam hal tentang slip upah ini. Atau kamu mau tau contoh slip gaji untuk semua posisi kerja, mari simak artikel kali ini. Di dalam artikel ini terdapat banyak info seputar slip upah yang perlu kamu pahami.

Sekilas Mengenal Apa Itu Slip Gaji

Sekilas Mengenal Apa Itu Slip Gaji

Sebagai pekerja dan karyawan di sebuah kantor, setiap bulannya kamu akan mendapatkan bayaran. Bayaran tersebut tentu saja berupa uang tunai dan disebut sebagai gaji. Walau semua karyawan mendapatkan upah setiap bulannya, tetap saja ada yang berbeda. Baik itu jumlah upah atau waktu pembayarannya.

Besaran jumlah upah yang berbeda – beda dapat dikarenakan berbagai hal. Mulai dari tunjangan yang berbeda sampai gaji pokok yang emang beda – beda. Sementara bedanya waktu penerimaan gaji juga dikarenakan banyak hal.

Mulai dari ketentuan dari perusahaannya sampai dengan tanggal masuk pekerja. Karena berbagai perbedaan inilah kamu harus benar – benar mengenal gaji kamu. Di sini lah kamu membutuhkan slip gaji dari perusahaan tersebut.

Istilah slip gaji sering dikenal juga sebagai slip upah. Slip upah ini adalah dokumen yang tercetak di kertas dan dikeluarkan oleh perusahaan yang berwenang. Secara umum, semua perusahaan pasti punya slip upah ini.

Setelah dikeluarkan oleh perusahaan yang berwenang, slip akan diteruskan pada penerima yang berhak. Penerima itu tentu saja pekerja yang akan menerima gaji. Tapi walau umumnya perusahaan mengeluarkan slip ini tiap bulan, ada juga perusahaan yang tidak mengeluarkannya. Kalau ini terjadi di perusahaan tempat kamu bekerja, kamu jangan takut. Kamu bisa meminta slip gaji pada perusahaan kamu.

Keberadaan slip ini memang penting bagi karyawan. Terutama jika kamu karyawan yang belum mawas dengan rincian gaji bulanan yang kamu pegang. Ada berbagai rincian di dalam slip upah tersebut. Tentu saja semua rinciannya berkaitan dengan besarnya jumlah upah yang diterima oleh pekerja itu.

Nantinya slip upah yang kamu terima juga bisa kamu gunakan untuk banyak hal. Mulai dari arsip pribadi sampai untuk melamar kerja dan bahan negosiasi gaji baru pekerja. Tak hanya itu saja guna dari berkas yang satu ini. Berkas ini juga bisa memudahkan kamu untuk meminjam uang dan mengajukan kredit apa saja.

Baca Juga  Marketing Communication Pengertian dan Strategi Penerapannya

Mari Kenali Berbagai Komponen Penyusun Slip Gaji

Mari Kenali Berbagai Komponen Penyusun Slip Gaji

Seperti yang sudah kamu tau, slip upah memuat berbagai informasi. Ini berarti, ada beragam informasi yang menyusun slip upah itu sendiri. Komponen yang ada di dalam slip bisa saja berbeda antara perusahaan yang satu dengan perusahaan lain. Namun ada beberapa komponen tetap yang pasti ada di semua slip upah.

Komponen seperti ini disebut sebagai komponen utama penyusun slip. Tanpa komponen ini, slip upah tak akan pernah lengkap. Ini lah alasan mengapa komponen tersebut disebut sebagai komponen utama penyusun slip.

Lalu apa saja komponen utama yang menyusun slip upah seseorang? Berikut ini merupakan beragam komponen utama penyusun slip upah yang dimiliki oleh seseorang.

1. Keterangan Identitas Perusahaan Yang Mengeluarkan Slip

Slip upah adalah sebuah dokumen yang berisikan rincian upah seseorang dan dikeluarkan sebuah perusahaan. Karena itu lah, sudah pasti komponen penyusun slip pertama berhubungan dengan perusahaan.

Hal pertama yang menyusun slip gaji dan pasti ada di semua slip adalah identitas perusahaan. Tentunya identitas perusahaan ini berada di bagian paling atas dari slip upah. Sehingga semua orang dapat melihat identitas ini.

Namun walau di slip ada identitas asli dari perusahaan yang mengeluarkan. Bukan berarti kamu akan melihat seluruh isi identitas perusahaan secara rinci. Hal ini dikarenakan perusahaan hanya menampilkan data umum di slip mereka. Tidak terlalu rinci data perusahaan yang bisa kamu dapatkan dari slip tersebut.

Hanya ada dua data perusahaan di dalam setiap slip gaji. Dua data itu adalah data nama lengkap dan resmi dari perusahaan dan logo asli dan resmi dari perusahaan. Di luar dua data itu, tak ada data perusahaan rinci yang bisa kamu dapat lewat slip gaji.

2. Informasi Lengkap Seputar Karyawan Perusahaan Dan Posisinya

Tiap slip gaji selalu diberikan pada penerima resminya. Tentu saja ada banyak penerima slip ini setiap bulannya. Apa lagi jika perusahaan besar, sebab perusahaan tersebut punya banyak karyawan.

Bukan hal yang mudah untuk mengirimkan slip yang benar pada semua karyawan. Oleh karena itu perusahaan perlu membuat hal berbeda sebagai pengingat siapa penerima slip tersebut.

Pembeda yang digunakan perusahaan adalah identitas profesi si penerima. Di dalam bagian ini tercantum semua identitas resmi dari semua karyawan perusahaan.

Biasanya, identitas karyawan yang ada di slip tersebut berisikan NIK atau NIP dari si karyawan. Tak ketinggalan pula ada keterangan departemen sang pekerja, jabatan pekerja di perusahaan, dan bagaimana status pekerjaan si pekerja di perusahaan itu.

3. Rincian Dan Detail Setiap Tunjangan Dan Potongan Yang Diterima Para Pekerja

Sebagai seorang pekerja, kamu pasti sudah pernah merasakan tunjangan dan pemotongan gaji dari perusahaan. Inilah yang menjadikan besaran gaji yang diterima seseorang menjadi lebih besar atau lebih kecil setiap bulannya.

Baca Juga  Contoh Resume Lamaran Kerja, Pengertian dan Cara Membuat

Sebenarnya rincian tunjangan dan rincian pemotongan tiap bulan ini pernah diberi tau HRD sebelum kamu kerja di perusahaan itu. Lebih tepatnya, rincian ini diberitakan saat kamu interview dan menjalani proses negosiasi gaji dengan pihak dari perusahaan.

Hanya saja, karena waktu yang berlalu sudah lama, kamu mungkin saja sedikit lupa dengan rincian dan detailnya. Bahkan mungkin kamu sudah lupa dengan apa saja detail gaji yang pernah dibicarakan pihak perusahaan waktu itu.

Kalau kamu lupa, kamu tak perlu takut. Pasalnya semua info tunjangan tiap bulan dan potongan gaji tiap bulannya dimuat dalam dokumen berbentuk slip gaji ini.

Nama tunjangan karyawan tiap bulan beserta dengan besarnya tunjangan tiap bulan akan disatukan dalam slip ini. Begitu pula halnya dengan potongan tiap bulan yang akan disajikan pula secara berkelompok dalam slip ini.

Kamu bisa memperhatikan slip upah kamu setiap bulannya dan cocokan besarannya tiap bulan. Dengan begini, kamu bisa tau kenapa kamu mendapatkan jumlah gaji yang besar atau kecil bulan sekarang dari pada bulan sebelumnya.

4. Keterangan Jumlah Gaji Bersih Bulanan Setiap Pekerja Perusahaan.

Gaji yang akan diterima semua pegawai perusahaan berbeda antara yang satu dengan lainnya. Ada banyak hal yang mempengaruhinya, seperti misalnya tinggi pangkat dalam perusahaan dan lamanya pekerja tersebut bekerja di perusahaan itu.

Selain itu, besaran gaji pokok tiap bulan yang kamu terima bisa saja berbeda jumlahnya dengan yang pernah diberi tau HRD saat kamu interview. Hal ini dikarenakan adanya potongan dan tunjangan yang berbeda – beda setiap bulannya. Jadi jangan heran jika gaji kamu bakalan beda – beda ya.

Nah, gaji bersih sendiri merupakan gaji yang benar – benar akan diberikan pada kamu di setiap bulan setiap kamu bekerja di perusahaan itu. Artinya, gaji ini lah yang akan benar – benar kamu pegang setiap bulannya. Sebab gaji ini sudah dikurangi dan ditambahkan dengan banyaknya tunjangan dan potongan per bulan.

Agar kamu tak perlu repot – repot menjumlahkan dan mengurangkan berbagai komponen untuk mendapatkan gaji bersih kamu. Slip gaji sudah melakukan tugas tersebut dengan memberikan gaji bersih di bagian bawah rincian gaji.

Kamu tak perlu khawatir akan terjadi eror saat penulisan gaji bersih kamu di slip upah. Sebab kejadian eror penulisan gaji bersih di slip upah itu sangat jarang sekali terjadi. Tapi kalau kamu tetap penasaran, kamu bisa coba jumlahkan dan kurangkan gaji berdasarkan dengan slip yang kamu peroleh tadi.

Di sini lah sebenarnya letak pentingnya slip upah ini. Yang mana slip upah memberi tau gaji bersih yang benar – benar kamu dapatkan tanpa kamu perlu ribet melakukan proses perhitungan gaji bersih tiap bulannya secara manual.

5. Keterangan Waktu Pembayaran Gaji Para Pekerja Perusahaan

Hal lainnya yang menjadi unsur pokok yang pasti dimiliki oleh semua slip upah adalah keterangan waktu pembayaran tiap gaji pekerja. Bagian seperti ini pasti akan selalu kamu temukan di setiap slip upah. Sebab memang sangat penting sekali untuk diketahui semua karyawan.

Baca Juga  Contoh Surat Keterangan Kerja Simple Untuk Berbagai Keperluan

Letak dari bagian lama pembayaran gaji ini biasanya ada pada bagian bawah slip. Kamu bisa baca – baca bagian bawah slip upah kamu secara teliti untuk menemukan di mana letak keterangan waktu pembayaran ini.

Setiap perusahaan memiliki format penulisan waktu gajian yang berbeda – beda. Karena itu di slip yang dikeluarkan oleh perusahaan berbeda, pasti memiliki perbedaan format tanggal dan waktunya.

Ada perusahaan yang menuliskan waktu gajian mereka secara lengkap dan keseluruhan. Tapi tak jarang ada pula perusahaan yang menuliskan hanya sebagian saja di slip mereka. Semuanya tergantung kebijakan dari perusahaan tersebut.

Yang terpenting, perusahaan akan selalu membayar gaji kamu di tanggal yang sama sesuai dengan tanggal yang tertera. Bisa dibilang sangat jarang adanya kejadian perusahaan yang membayar gaji pegawai mereka berbeda dari tanggal gajian yang seharusnya.

Kalau pun misalnya ini terjadi pada kamu, kamu sudah tak perlu takut lagi. Sudah ada banyak sekali hukum yang melindungi pekerja saat sekarang ini.

Mari Intip Berbagai Contoh Slip Gaji Milik Karyawan Perusahaan

Mari Intip Berbagai Contoh Slip Gaji Milik Karyawan Perusahaan

Nah, jika tadi kamu sudah memahami apa itu sebenarnya slip upah dan kamu juga sudah memahami apa saja komponen dalam slip upah. Maka sekarang merupakan saat yang paling tepat untuk kamu mencoba melihat beberapa contoh slip upah milik karyawan perusahaan.

Dengan melihat secara langsung bagaimana bentuk yang sebenarnya dari slip upah milik karyawan perusahaan. Maka kamu bisa benar – benar paham bagaimana sebenarnya bentuk slip upah dan apa saja komponen slip upah tersebut.

Kalau kamu mau tau bagaimana bentuk slip upah yang sebenarnya, kamu bisa lihat tabel berikut ini. Di tabel ini ada beberapa contoh slip upah yang bisa kamu lihat dan kamu cermati baik – baik.

Contoh Slip Upah Milik CEO Dan Pemilik Perusahaan Disini
Contoh Slip Upah Milik Manager Perusahaan Swasta Disini
Contoh Slip Upah Milik Para Pekerja Perusahaan Swasta Disini
Contoh Slip Upah ASN Dan PNS Disini
Contoh Slip Upah Pegawai Toko Disini

Cara melihat slip ini juga mudah sekali loh. Kamu tinggal klik atau tekan saja di tulisan di sini pada bagian slip yang mau kamu perhatikan, maka slip tersebut bisa kamu lihat.

FAQ

Apakah Slip Gaji Sifatnya Rahasia Dan Tak Boleh Diberitahukan Pada Orang Lain?

Ya, slip upah ini sifatnya merupakan hal yang rahasia antara pemilik slip dengan perusahaan yang mengeluarkan slip tadi itu. Jadi selain untuk kepentingan mendesar yang memang mensyaratkan slip, sebaiknya kamu tak memperlihatkan slip upah tadi pada orang lain.

Mengapa Slip Upah Penting Untuk Mengajukan Peminjaman Dan Kredit?

Sebab dengan adanya slip upah, bank dan pihak terkait dapat mempertimbangkan apakah akan memberikan pinjaman dan kredit atau tidak. Bank dan pihak terkait juga bisa mengira – ngira keuangan kamu hanya dengan slip gaji yang kamu punya.

Itulah sekilas informasi penting terbaru mengenai contoh slip gaji yang wajib untuk kamu ketahui. Selamat mencoba memperhatikan slip gaji kamu dan membandingkannya dengan contoh di sini.

Baca juga beberapa informasi menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-04-29 00:13:02.