Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik dan Benar

KPP621.id – Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan merupakan salah satu lamaran yang masih ada sampai sekarang. Tidak semua orang bisa mengerti cara membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan ini.

Kamu yang belum paham mungkin bisa membaca terlebih dahulu, setiap langkah tulisan yang baik dan benar. Jangan sampai kamu membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan ini dengan asal-asalan saja.

Jika kamu menulisnya tanpa mengetahui aturan tata penulisan yang baik, diharapkan kamu membaca artikel ini. Kami disini akan memberikan informasi beserta contoh untuk membuat Surat Lamaran Kerja.

Memahami Apa Itu Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Memahami Apa Itu Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Dalam dunia kerja kamu harus memahami dengan baik mengenai Surat Lamaran yang biasa dibuat sebelum bekerja. Di dalam membuat surat sendiri ada yang namanya Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan.

Dimana yang dimaksud adalah surat lamaran pekerjaan yang menggunakan tulisan tangan untuk membuat lamarannya. Mungkin surat lamaran yang kamu ketahui adalah surat lamaran elektronik.

Kamu biasa membuat sebuat surat lamaran elektronik dimanapun karena saat ini sudah sangat banyak yang menerapinya. Akan tetapi, masih ada beberapa perusahaan yang menginginkan lamaran lain.

Dimana salah satunya adalah dengan membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dengan beberapa syarat. Biasanya masih ada yang memang tidak menerima surat lamaran yang berupa elektronik.

Tidak diketahui pastinya mengapa masih ada perusahaan yang masih menyuruh untuk membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan. Dikarenakan hal tersebut mungkin akan terdengar ketinggalan zaman.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir, karena tidak sedikit juga perusahaan yang masih membiarkan syarat itu. Maka dari itu, kamu harus melihat syarat yang ada jika ingin melamar sebuah perusahaan.

Jangan sampai kamu lengah dan tidak melihat sama sekali syarat yang harus kamu penuhi untuk lamaran kerja. Dikarenakan bisa saja ternyata kamu harus membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan.

Bukan membuat sebuah surat lamaran yang bersifat elektronik yang bisa kamu tulis menggunakan laptop dan sebagainya. Jika perusahaan yang kamu lamar ternyata harus menggunakan tulisan tangan.

Maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca artikel ini hingga informasi yang diberikan selesai. Dikarenakan kamu nantinya akan mengerti bagaimana cara membuat surat lamaran kerja.

Dimana pastinya surat lamaran kerja yang dibuat adalah Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang sedikit berbeda. Kamu tidak bisa seenaknya menggunakan kertas yang biasa saja, melainkan ada syaratnya.

Jika kamu tidak mengikuti hal tersebut, akan sangat sulit kamu mendapatkan pekerjaan disana. Itulah mengapa berikut ini, kami akan menjelaskan informasinya ini.

Baca Juga  Account Officer Adalah, Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Memahami Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Memahami Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Sebelum kamu membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang akan kamu tulis sendiri dengan baik dan benar. Kamu harus memahami contoh yang harus kamu tulis di dalam kertas tersebut.

Agar saat kamu sudah menulisnya di dalam kertas tersebut, kamu tidak akan membuat kesalahan yang fatal. Dikarenakan jika kamu menulis di kertas kamu tidak menghapusnya secara otomatis.

Kamu harus mengganti kertasnya kembali dan menulisnya dari awal, dan hal ini akan terdengar sedikit merepotkan. Meskipun seperti itu, kamu masih bisa mencobanya berkali-kali hingga mendapatkannya.

Untuk membuat sebuah Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan ini membutuhkan sebuah latihan yang baik. Dimana tulisan yang kamu miliki di dalam surat tersebut harusnya jelas jika dibaca oleh orang lain.

Sehingga HRD yang harusnya memanggil kamu untuk wawancara, bisa saja tidak jadi karena tulisannya yang tidak terbaca. Dari tulisan yang sudah kamu tulis tersebut, bisa menggambarkan kamu.

Apakah kamu merupakan orang yang benar rapih atau pun teliti, dikarenakan tulisan kamu akan menggambarkan kamu. Jangan sampai kamu dianggap memiliki pribadi yang jelek karena tulisan kamu.

Itulah mengapa kami disini juga akan diberikan informasi mengenai contoh isian dari Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan. Sehingga kamu bisa memahami tulisan apa yang ingin kamu tulis di kertas tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Bersifat Simple

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Bersifat Simple

Di bawah ini kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang bersifat simple. Dimana di dalam surat lamaran tersebut tidak memiliki sangat banyak tulisan dan tidak terkesan ribet.

Oleh karena itu, lamaran kerja ini diberikan nama lamaran kerja yang memiliki sifat yang sangat simple. Dengan begitu, kamu bisa melihat bagaimana tujuan kamu dengan mudah sekali tanpa perlu sulit-sulit.

HRD yang membaca Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan kamu akan lebih mudah dipahami dengan baik. Para HRD juga tidak perlu membaca surat kamu begitu lama karena isi dari suratnya sendiri singkat.

Itulah point plus yang didapatkan jika kamu Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dengan simple tidak terlalu panjang. Bahkan dengan surat lamaran yang simple HRD akan semakin tertarik untuk membacanya.

Berikut Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang bersifat simple dan tidak berisikan hal yang panjang lebar. Jangan sampai kamu tidak membaca dan melihat contoh di bawah ini yang akan kami sampaikan.

Yth.

Bapak/Ibu ….

PT. …….

Kawasan industrial ……

Perihal : Permohonan pekerjaan

Dengan hormat,

Bahwa yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Zarah

Tempat/Tanggal lahir: Jakarta, 16 Januari 1998

Alamat: Jl. Gajah Mada

No. Telp: 0821-2000-2000

Email: jakliliya@gmail.com

Dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja, kepada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Dengan ini maka saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

1. Daftar riwayat hidup

2. Foto copy ijazah

3. Foto copy KTP

4. Foto copy SKCK

5. Foto copy sertifikat

6. ……

7. ……

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Baca Juga  Yuk Kenali Knowledge Management System (KMS) Di Perusahaan

Hormat saya,

 

(Nama yang bertanda tangan)

Poin Untuk Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Poin Untuk Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Saat kamu membuat sebuah Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sekali. Sehingga surat lamaran yang kamu buat tidak memiliki kekeliruan yang sifatnya fatal.

Dikarenakan untuk membuat surat lamaran dengan tulis tangan sendiri merupakan hal yang riskan untuk dibuat. Sangat sulit untuk membuat surat ini tanpa memiliki informasi atau pengetahuan sebelumnya.

Untuk itu, disini kamu akan diberitahukan tentang beberapa poin yang harus kamu perhatikan agar bisa membuat surat lamaran yang baik. Bahkan poin ini akan sangat membantu kamu dalam pembuatannya.

Jangan sampai kamu keliru dalam membuat surat lamaran yang bertuliskan tangan, agar terlihat sopan juga saat dikirim. Pastikan kamu mengikuti semua poin yang tertera di bawah ini dengan baik.

1. Pastikan Kertas Tidak Lecek

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah keadaan surat yang harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai surat lamaran yang ingin kamu kirim kepada perusahaan tersebut sangat lecek.

Dikarenakan dengan surat yang lecek akan membuat nilai poin kamu akan hilang, bahkan sangat fatal sekali. Bisa saja nantinya surat yang akan kamu kirim tersebut langsung dibuang oleh HRD tersebut.

Dikarenakan kertas yang kamu kirim merupakan kertas yang sudah tidak layak karena dengan keadaan yang sangat lecek. Kertas yang kamu kirim kepada perusahaan tersebut usahakan sangat rapih.

Jangan sampai kertas tersebut dilipat atau lecek sekalipun, dengan begitu HRD bisa menerimanya dengan baik. Kepribadian kamu akan dilihat dari cara kamu memperlakukan kertas yang dikirim tersebut.

Agar kertas lamaran atau surat lamaran yang kamu ingin kirim kepada perusahaan yang bersangkutan tidak lecek. Maka kamu harus menggunakan map kertas yang sesuai dengan ukuran kertasnya.

Jangan sampai juga kamu membeli ukuran map yang salah, karena akan memperburuk kualitas kertas kamu. Pastikan semua kamu perhatikan dengan baik, dan kamu persiapkan semua dengan sangat baik.

Kamu harus menjaga semuanya dikarenakan ini bukanlah sebuah ajang main-main melainkan di dunia profesional. Itulah mengapa kamu harus bisa menerima resiko yang akan kamu dapatkan nantinya.

Maka jangan lupa untuk terus menggunakan map untuk mengurangi lecek yang nanti akan muncul. Jika sudah maka kamu juga harus terus bawa map kamu, jangan kamu taruh di tas map kamu tersebut.

2. Jangan Gunakan Tipex

Hal yang paling repot dilakukan adalah dimana tidak diperbolehkan menggunakan tipex dalam penulisannya. Meskipun sebenarnya tidak ada larangan yang tidak memperbolehkan menggunakannya.

Akan tetapi, hal tersebut merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan di dalam sebuah penulisan. Dengan adanya kesalahan dalam melakukan penulisan surat lamaran tersebut,  akan mengurangi point.

HRD saat melakukan sebuah eliminasi terhadap para calon pekerja, dapat dilihat dari kerapian surat lamaran. Salah satunya adalah tidak adanya tipex saat menuliskan surat lamaran dengan tulisan tangan.

Dengan begitu, HRD akan percaya bahwa kamu benar-benar membutuhkan pekerjaan dan tidak main main. Dikarenakan dengan hal tersebut, diberitahukan bahwa kamu memang orang yang siap.

Baca Juga  Cara Membuat CV Untuk Melamar Kerja yang Baik dan Menarik

Tidak sekedar hanya membuat surat lamaran saja, akan tetapi kamu bersungguh sungguh untuk melakukannya. Dengan tidak adanya kesalahan dalam penulisan surat lamaran ini juga membuktikan.

Bahwa kamu adalah orang yang sangat rapih dan telaten, maka dari itu kamu harus persiapkan semuanya dengan baik. Jangan sampai kamu tidak mempersiapkannya dengan rapih, baik, dan telaten.

Ini akan membuat point kamu menjadi bertambah di mata HRD yang nantinya akan merekrut kamu menjadi pegawai tetap. Langsung saja kamu coba untuk membuat suratnya tanpa ada kesalahan.

Jika ada kesalahan dalam melakukan proses penulisan, pastikan bahwa kamu mengulanginya kembali. Kamu harus mengulangnya kembali disaat kamu sudah tidak membuat kesalahan dalam menulis.

3. Gunakan Acuan PUEBI

Point lain yang harus kamu perhatikan adalah dalam melakukan sebuah penulisan yang baik dan benar. Dimana dalam menulis surat lamaran bukanlah hal yang bisa dikatakan main-main.

Kamu harus menulis surat tersebut secara tertata dengan baik, dari penulisan katanya harus disesuaikan. Bahkan huruf besar dan huruf kecilnya harus kamu sesuaikan dengan benar jangan sampai salah.

Untuk patokan yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan patokan dari PUEBI. Dimana PUEBI ini merupakan sebuah patokan untuk kamu melakukan penulisan dengan bahasa Indonesia yang baik.

Semua kosakata yang sudah didaftarkan di dalam PUEBI sudah pasti memiliki tata bahasa yang baik dan benar. Sudah disesuaikan dengan penulisan kosakata Indonesia yang seharusnya benar dilakukan.

Untuk itu, kamu harus memiliki kamus PUEBI untuk membuat sebuah surat lamaran yang sesuai dengan tatanan bahasa Indonesia. Jangan sampai kamu membuat kesalahan dalam tata kosakata Indonesia.

Dalam membuat sebuah kalimat saja ada tata aturan yang baik dan benar. Itulah mengapa kamu memerlukan sebuah buku panduan PUEBI.

FAQ Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Selanjutnya, kamu akan diberikan pembekalan mengenai pertanyaan yang biasanya diajukan oleh calon pekerja. Hal yang ditanyakan akan bertemakan tentang surat lamaran kerja yang harus diketahui.

Apakah Membuat Surat Lamaran Kerja Sangat Penting?

Ya, membuat surat lamaran kerja memiliki sebuah tujuan yang penting agar para perekrut bisa mengetahui kehadiran kamu. Mereka juga bisa memahami kualifikasi yang kamu miliki dengan surat itu.

Jenis Kertas Yang Biasa Digunakan Untuk Surat Tulis Tangan?

Untuk surat lamaran kerja sendiri yang bertuliskan tangan, biasanya mereka menggunakan kertas folio. Dengan menggunakan kertas folio akan muat semua apa yang ingin kamu tulis di dalam surat tersebut.

Apakah Warna Bolpoin Yang Harus Digunakan?

Warna bolpoin yang harus digunakan untuk menulis surat lamaran adalah warna hitam. Di lain warna itu biasanya akan langsung ditolak oleh perusahaan.

Demikianlah Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang bisa kamu ikuti untuk tata penulisannya yang benar. Sehingga HRD akan tertarik dengan Lamaran kerja kamu dan akhirnya kamu bisa melakukan wawancara.

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-05-02 20:33:26.