Contoh Surat Keterangan Kerja Simple Untuk Berbagai Keperluan

KPP621.id – Contoh Surat Keterangan Kerja sedang banyak dicari saat ini oleh orang-orang. Surat keterangan kerja dijadikan sebagai salah satu syarat di dalam beberapa kondisi.

Mulai dari melamar pekerjaan hingga pengajuan KPR membutuhkan surat keterangan kerja sebagai persyaratannya. Untuk itu, surat keterangan kerja menjadi hal yang penting dan sangat dibutuhkan.

Berdasarkan hal tersebut, surat keterangan kerja ini merupakan dokumen pelengkap. Untuk kamu yang penasaran mengenai contoh surat keterangan kerja, silakan disimak artikel ini hingga akhir ya!

Mengenal Surat Keterangan Kerja

Mengenal Surat Keterangan Kerja

Sebelum kami membahas lebih jauh mengenai contoh surat keterangan kerja. Silakan menyimak terlebih dahulu mengenai pengertian surat keterangan kerja di bawah ini ya.

Dalam kehidupan sehari-hari, dokumen merupakan salah satu hal yang penting untuk berbagai macam urusan. Sebab dokumen ini memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia.

Keberadaan dokumen memang penting bahkan sejak seseorang belum lahir hingga seseorang tersebut meninggal. Dokumen dibutuhkan di beberapa kondisi yang terjadi.

Dokumen adalah surat tertulis yang digunakan sebagai bukti keterangan. Contohnya seperti akte kelahiran, surat perjanjian hingga surat keterangan kerja.

Surat keterangan kerja ini juga tidak kalah penting dengan dokumen-dokumen lainnya. Pasalnya, surat keterangan kerja ini dibutuhkan di beberapa kondisi.

Surat keterangan kerja dapat dijadikan sebuah syarat sebagai dokumen pelengkap. Untuk kamu yang penasaran apa itu surat keterangan kerja.

Surat keterangan kerja merupakan surat keterangan yang ditulis oleh tempat dimana seseorang bekerja. Baik tempat kerja yang saat ini maupun tempat kerja sebelumnya yang dijalani oleh seseorang.

Biasanya surat keterangan kerja dibutuhkan untuk sebuah konfirmasi. Seperti sebuah konfirmasi bahwa seseorang tersebut merupakan seorang karyawan ataupun mantan karyawan perusahaan tersebut.

Surat keterangan kerja ini ditulis oleh bagian HRD yang berisi verifikasi posisi seseorang saat bekerja di perusahaan. Biasanya, surat ini berisi detail nama, kontak perusahaan, posisi, durasi kontrak kerja dan lainnya.

Pasalnya, surat keterangan kerja ini memang dibutuhkan untuk berbagai persyaratan. Salah satunya yaitu untuk melamar pekerjaan ya.

Dengan adanya surat keterangan kerja ini, seorang HRD dapat mengetahui riwayat pekerjaan kamu nanti. Surat tersebut juga dapat memberikan keyakinan kepada HRD saat melamar pekerjaan.

Untuk itu, tidak heran jika banyak orang yang membutuhkan surat keterangan kerja tersebut. Apalagi untuk keperluan diluar melamar pekerjaan.

Baca Juga  Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik dan Benar

Untuk kamu yang penasaran mengenai contoh surat keterangan kerja lebih lanjut. Jangan lupa untuk terus menyimak artikel mengenai contoh surat keterangan kerja ini ya!

Kegunaan Surat Keterangan Kerja

Kegunaan Surat Keterangan Kerja

Penjelasan mengenai pengertian dari surat keterangan kerja telah dijelaskan sebelumnya. Selanjutnya, kami akan memberikan informasi mengenai kegunaan dari surat keterangan kerja sebagai berikut.

Setiap dokumen tentunya memiliki fungsi serta kegunaannya masing-masing. Contohnya, akte kelahiran yang berfungsi sebagai identitas atau tanda bukti tentang kelahiran seseorang.

Lalu, KTP sebagai bukti atau identitas kependudukan yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Dengan KTP, kamu dapat melakukan pemilihan presiden dan lain sebagainya.

Tak terkecuali dengan surat keterangan kerja saat ini. Surat keterangan kerja ini memiliki berbagai macam fungsi dan juga kegunaan, sebagai berikut ini.

1. Sebagai Persyaratan Untuk Klaim BPJS

Surat keterangan bekerja dibutuhkan untuk syarat klaim BPJS. Kamu membutuhkan surat ini untuk mengajukan pencairan dana BPJS.

Surat keterangan kerja dibutuhkan sebagai lampiran persyaratan tersebut. Kamu membutuhkan surat keterangan kerja dari perusahaan yang sudah dilegalisir.

Dengan melampirkan surat keterangan kerja, kamu dapat mencairkan dana BPJS sebesar 10-30%. Sesuai yang dibutuhkan walaupun kamu masih bekerja di perusahaan tersebut.

2. Dibutuhkan Untuk Melamar Pekerjaan Baru

Kegunaan dari surat keterangan kerja selanjutnya yaitu digunakan untuk melamar pekerjaan baru. Kamu dapat melampirkan surat keterangan kerja jika ingin melamar pekerjaan baru nanti.

Hal tersebut dapat menjadi nilai tambah untuk kamu berdasarkan pengalaman dan kualifikasi yang kamu miliki. Untuk itu, banyak orang melampirkan surat keterangan ini saat melamar.

Selain itu, recruiter juga dapat mengetahui riwayat karirmu sebelum melamar kerja. Oleh karena itu, surat keterangan kerja ini menjadi catatan penting selama proses perekrutan nanti.

3. Untuk Mengajukan Beasiswa

Kegunaan lain dari surat keterangan kerja ini yaitu untuk mengajukan beasiswa melalui jalur profesional. Untuk kamu yang ingin mengajukan beasiswa, surat keterangan ini juga diperlukan.

Dalam proses pendaftaran beasiswa, surat keterangan yang telah dilegalisir tersebut kamu lampirkan. Baik untuk beasiswa dari pihak pemerintah maupun dari pihak swasta ya.

4. Untuk Mengajukan Pinjaman Bank

Fungsi dan kegunaan lainnya dari surat keterangan kerja ini yaitu untuk peminjaman dana dari bank. Kamu membutuhkan surat keterangan tersebut untuk mengajukan pinjaman bank.

Biasanya, terdapat verifikasi administrasi sebelum pihak bank memberikan pinjaman kepada nasabah. Salah satu persyaratan yang dibutuhkan yaitu surat keterangan kerja ini.

Dengan adanya surat keterangan kerja, pihak bank dapat memutuskan apakah kamu mampu membayar atau tidak. Jadi, suket kerja menjadi salah satu hal penting untuk peminjaman bank.

Di atas merupakan beberapa fungsi dan kegunaan dari surat keterangan kerja. Jadi, dapat disimpulkan bahwa surat keterangan kerja ini berguna untuk beberapa persyaratan yang ditentukan.

Bagian-Bagian Isi Surat Keterangan Kerja

Bagian-Bagian Isi Surat Keterangan Kerja

Setiap dokumen atau surat tentunya memiliki struktur bagian atau isinya masing-masing. Tak terkecuali untuk surat keterangan kerja ya.

Pasalnya, surat keterangan kerja ini memiliki beberapa format suket kerja sesuai dengan perusahaan masing-masing. Berikut isi suket kerja secara umum di bawah ini ya.

Baca Juga  Pengertian Berpikir Kritis Adalah, Manfaat dan Contohnya

1. Penulisan Dengan Format Resmi

Pertama, surat keterangan kerja harus ditulis menggunakan format yang resmi. Seperti contohnya pada bagian atas terdapat kop surat berisi nama, alamat dan nomor perusahan.

Untuk itu, surat keterangan kerja harus memiliki kop surat dengan format resmi dari perusahan. Dikarenakan surat keterangan kerja ini merupakan dokumen yang penting.

2. Mengenai Perihal Surat Keterangan Kerja

Di dalam bagian surat, tentunya ada bagian perihal surat yang berisi keterkaitan surat. Isi surat diringkas dan ditulis di perihal surat tersebut.

Pada bagian perihal surat, biasanya berisi tujuan dari surat yang dibuat ya. Contohnya surat keterangan kerja berarti perihal suratnya yaitu surat keterangan kerja.

3. Memasukkan Informasi Penting

Setelah itu, kamu juga harus memasukkan beberapa informasi penting yang dibutuhkan ke dalam suket kerja tersebut. Apa saja? Berikut informasi penting di dalam suket kerja.

Informasinya adalah biodata karyawan, jabatan terakhir yang dipegang karyawan tersebut. Lalu, nomor identitas seperti KTP juga perlu dimasukkan ke dalam isi surat keterangan kerja.

Tidak hanya itu, beberapa perusahaan juga memasukkan informasi seperti masa kerja karyawan. Selain itu, kamu juga bisa meminta bagian HRD untuk menambahkan informasi lain yang dibutuhkan.

4. Memberikan Pernyataan Resmi

Jika sudah diberikan informasi penting, pada bagian akhir perusahaan harus memberikan pernyataan resmi. Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa kamu memang benar karyawan tersebut.

Serta menyatakan bahwa segala bentuk informasi penting yang diberikan tersebut benar. Perusahaan juga memberikan kesan serta penilaian terhadap kinerja kamu selama bekerja.

5. Pemberian Tanda Tangan Dan Cap

Terakhir, agar surat keterangan kerja yang dikeluarkan tersebut sah. Maka, surat tersebut harus ditandatangani serta diberi cap perusahaan oleh HRD atau pihak yang berkepentingan.

Pemberian cap dan legalisir juga dibutuhkan agar surat tersebut terbukti keabsahannya. Sehingga suket kerja yang diberikan tersebut resmi.

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Melamar Pekerjaan

Sebelumnya telah kami jelaskan pengertian hingga isi dari surat keterangan kerja. Suket kerja memang dibutuhkan untuk beberapa keperluan salah satunya melamar pekerjaan.

Kamu membutuhkan surat keterangan kerja saat ingin melamar pekerjaan yang baru. Hal tersebut bisa menjadi nilai tambah untuk kamu karena riwayat pekerjaannya kamu dikuatkan dengan suket tersebut.

Kamu dapat meminta surat keterangan tersebut ke bagian HRD atau personalia ya. Untuk kamu yang masih bingung, berikut contoh surat keterangan kerja untuk melamar pekerjaan.

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Melamar Pekerjaan Terbaru

Kumpulan Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Membuat NPWP

NPWP merupakan nomor pokok wajib pajak yang diberikan kepada wajib pajak. Untuk membuat NPWP juga diperlukan untuk melampirkan surat keterangan kerja.

Oleh karena itu, suket kerja penting untuk persyaratan membuat NPWP ya. Untuk kamu yang penasaran contoh surat keterangan kerja untuk membuat NPWP, simak contoh berikut ini.

Berikut di atas merupakan template atau contoh surat keterangan kerja untuk membuat NPWP. Contoh surat keterangan kerja tersebut dapat kamu jadikan sebagai referensi ya.

Kumpulan Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Membuat NPWP Bisa Edit Kumpulan Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Membuat NPWP

Contoh-Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Pengajuan KPR

Tidak hanya untuk mengajukan pembuatan NPWP, surat keterangan kerja juga diperlukan untuk pengajuan KPR. Hal ini menjadi salah satu syarat untuk mengajukan KPR.

Baca Juga  Cara Membuat CV Untuk Melamar Kerja yang Baik dan Menarik

Untuk kamu yang belum tahu bagaimana contoh surat keterangan kerja pengajuan KPR. Simak contoh surat keterangan kerja untuk pengajuan KPR di bawah ini ya.

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Pengajuan KPR Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Melamar Pekerjaan

Cara Mendapatkan Surat Keterangan Kerja

Untuk dapat meminta surat keterangan kerja dari perusahaan saat ini atau sebelumnya. Kamu harus meminta surat keterangan tersebut secara profesional sesuai dengan prosedur yang berlaku ya.

1. Menghubungi Kontak Yang Diperlukan

Sebelum kamu mengirim permintaan surat keterangan kerja. Kamu harus mengetahui dahulu departemen atau divisi mana yang mengurusi surat keterangan kerja.

Biasanya, surat keterangan kerja ditangani oleh divisi atau bagian personalia. Untuk itu, kamu harus menghubungi terlebih dahulu bagian personalia ya.

2. Mengikuti Prosedur Perusahaan

Selanjutnya jika kamu telah menghubungi bagian personalia. Biasanya akan diberikan informasi mengenai prosedur penanganan surat keterangan kerja.

Lalu, pastikan kamu mengikuti prosedur penanganan yang diberikan ya. Agar kamu dapat mengurusi surat keterangan kerja dengan lebih cepat dan mudah.

3. Siapkan Rincian Informasi Yang Disertakan Di Dalam Surat

Di dalam formulir permintaan, kamu dapat menuliskan dengan jelas daftar rincian. Daftar rincian tersebut berisi informasi yang ingin disertakan di dalam surat keterangan kerja.

Hal tersebut penting dan diperlukan apabila pihak ketiga meminta informasi tertentu. Biasanya, informasi penting yang disertakan tersebut berupa:

  • Nama lengkap beserta detail biodata diri seperti nomor telepon hingga alamat tempat tinggal
  • Posisi atau jabatan pekerjaan
  • Nomor Identitas seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Nama perusahaan / tempat bekerja beserta informasi kontak perusahaan seperti nomor telepon dan alamat
  • Nama lengkap pemberi kerja di perusahaan
  • Status pekerjaan saat ini
  • Durasi lama bekerja atau kontrak kerja dengan perusahaan
    Informasi pilihan lainnya yang diminta oleh bersangkutan.

Berikut di atas merupakan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk meminta surat keterangan kerja di perusahaan. Jadi, pastikan dahulu kamu tahu harus mengontak siapa untuk menangani suket kerja.

Setelah itu, kamu bisa langsung menghubungi kontak tersebut dan memenuhi serta mengikuti prosedur yang ditentukan. Jangan lupa memasukkan informasi penting yang harus dimasukkan pada suket kerja.

FAQ Seputar Contoh Surat Keterangan Kerja

Sekarang kami akan membahas FAQ seputar contoh surat keterangan kerja. Berikut FAQ mengenai contoh surat keterangan kerja di bawah ini.

Apakah Lulusan Fresh Graduate Bisa Mendapatkan Surat Keterangan Kerja?

Sebenarnya apabila kamu belum pernah bekerja dan baru benar-benar lulus, kamu bisa meminta surat keterangan dari dosen. Biasanya, suket tersebut bisa mendukung kamu untuk mencari kerja.

Namun, jika kamu kuliah sambil bekerja maka hal tersebut bisa terjadi. Kamu dapat meminta contoh surat keterangan kerja kepada bagian personalia di tempat kamu bekerja.

Apa Perbedaan Surat Keterangan Kerja Dengan Surat Pengalaman Kerja?

Beberapa orang masih ada yang bingung mengenai perbedaan surat keterangan kerja dengan pengalaman kerja. Berikut kami bahas mengenai perbedaan suket kerja dan pengalaman kerja.

Surat keterangan kerja adalah surat yang membuktikan bahwa seseorang masih bekerja di perusahaan. Sedangkan surat pengalaman kerja adalah surat yang menyatakan bahwa orang tersebut pernah bekerja di perusahaan yang dimaksud.

Di atas telah dibahas mengenai contoh surat keterangan kerja secara lengkap. Demikianlah artikel yang membahas tentang contoh surat keterangan kerja dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!.

Baca juga beberapa informasi menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-05-02 07:41:15.