Contoh Resume Lamaran Kerja, Pengertian dan Cara Membuat

KPP621.id – Resume Lamaran Kerja adalah salah satu dokumen yang berisikan ringkasan diri kamu untuk melamar pekerjaan. Biasanya, selalu dilampirkan dalam setiap surat lamaran pekerjaan.

Tanpa adanya resume, surat lamaran kamu akan terasa kurang lengkap. Oleh karena itulah, pentingnya mengetahui cara membuat resume yang baik dan benar.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh dan bagaimana cara membuat Resume Lamaran Kerja. Silahkan simak dengan baik dan gunakanlah informasi ini untuk menyempurnakan penulisan resume kamu.

Apa Itu Resume Lamaran Kerja?

Apa Itu Resume Lamaran Kerja

Resume adalah sebuah dokumen yang berisi tentang informasi singkat mengenai tujuan kamu mengajukan surat lamaran pekerjaan. Biasanya informasi ini berisi tentang identitas kamu, tujuan, minat kerja, dan sebagainya.

Dokumen yang satu ini seringkali digunakan untuk mempresentasikan diri kamu di depan pihak perusahaan recruiter. Yang mana akan jauh lebih singkat jika menggunakan dan menuliskan resume pada surat lamaran.

Tentunya, pihak recruiter akan merasa jauh lebih mudah untuk memahami potensi dan latar belakang kamu. Walaupun informasi yang dituliskan tidak banyak, tetapi fungsi dari resume ini masih tetap sama.

Mungkin masih banyak dari kamu yang bingung apa perbedaan resume dengan CV. Sampai saat ini pun, beberapa dari kamu masih kebingungan membedakan diantara keduanya.

Karena memang tujuannya yang sama-sama ingin memberitahukan dan menginformasikan mengenai riwayat hidup kamu. Namun sebenarnya, resume dan CV adalah dua dokumen yang berbeda.

Bisa dikatakan bahwa resume adalah versi yang lebih ringkas dan singkat dari CV. Yang mana, isi dalam CV biasanya memuat banyak informasi riwayat hidup yang jauh lebih lengkap.

Sedangkan pada resume, kamu hanya perlu menuliskan beberapa informasi saja. Dengan bahasa yang jelas, singkat, dan mudah dipahami, sehingga penulisannya pun menjadi jauh lebih singkat.

Pada CV, umumnya orang-orang akan menuliskan secara lengkap mengenai latar pendidikan mereka, riwayat pengalaman kerja, dan sebagainya. Bedanya dengan resume adalah, resume hanya memuat informasi mengenai hal-hal tersebut secara singkat.

Misalnya, kamu dapat menuliskan informasi mengenai keahlian kamu, pendidikan, juga pengalaman di dalam resume. Tetapi yang perlu diingat adalah bahwa resume hanya menampilkan ringkasan dari informasi detailnya.

Agar para recruiter yang nantinya dapat merasa tertarik ketika membaca resume tersebut, perlu kamu ketahui cara penulisannya. Cara penulisan Resume Lamaran Kerja yang baik dan benar agar dapat dibedakan dengan CV.

Kedepannya, kamu akan mampu menuliskan resume dan CV dengan berbeda setelah mengetahui penulisan resume yang benar. Untuk menambah pengetahuan dan wawasan, simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Saja Informasi Dalam Resume Lamaran Kerja?

Apa Saja Informasi Dalam Resume Lamaran Kerja

Agar kamu dapat lebih mudah memahami informasi apa saja yang biasanya digunakan dalam resume, simak ulasannya dibawah ini. Informasi-informasi ini yang nantinya wajib kamu tuliskan ke dalam resume untuk menghasilkan resume yang menarik.

Baca Juga  Tes Psikotes: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Mengerjakannya

Untuk menarik perhatian dari pihak HRD, kamu perlu menuliskan dan memuat informasi dalam resume semenarik mungkin. Pemilihan informasi ini juga harus dapat kamu pilih dengan hati-hati.

Gunanya adalah untuk menghindari penulisan informasi yang kurang diperlukan. Sebab pastinya kamu juga akan membuat CV yang dapat memuat informasi lebih detail dari informasi yang ada dalam resume.

Maka dari itu, mari simak bersama-sama informasi apa saja yang menjadi bagian-bagian dari isi Resume Lamaran Kerja. Pastikan kembali untuk membacanya dengan baik agar kamu dapat ikut mempraktekkannya pada saat menuliskan resume.

1. Identitas Pribadi

Hal pertama yang harus kamu tulis dalam Resume Lamaran Kerja adalah identitas diri. Profil wajib yang harus kamu tulis adalah nama, nomor telepon, dan juga alamat. Ketiga informasi tersebut adalah yang paling wajib dituliskan.

Namun, kalau kamu ingin menuliskan identitas diri yang lebih banyak, maka silahkan saja. Perlu diingat, jangan menuliskannya terlalu banyak, cukup sampai 7 atau 10 informasi saja.

Setelah melihat berbagai Resume Lamaran Kerja yang dibuat oleh banyak orang, identitas diri ini tidak lebih dari 5 informasi. Umumnya ditambahkan dengan pendidikan terakhir dan juga e-mail.

Identitas diri ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan persyaratan dari perusahaan yang ingin dilamar. Karena resume harusnya bersifat custom, menyesuaikan dengan kualifikasi posisi yang sedang dibuka.

Jadi, kamu harus sebisa mungkin mencari informasi lebih lanjut mengenai posisi yang sedang dilamar. Agar nantinya recruiter dapat melihat potensi kamu lebih baik daripada kandidat yang lainnya.

2. Deskripsi Diri

Setelah menuliskan identitas diri atau profil kamu, yang perlu diinformasikan selanjutnya adalah deskripsi diri. Biasanya bagian ini dijelaskan untuk mendeskripsikan orang seperti apakah kamu.

Kamu bisa menuliskan bahwa kamu memiliki sifat positif yang dapat membantu mengembangkan kinerja kamu. Tuliskanlah bagian ini dengan sifat-sifat positif yang kamu miliki agar recruiter melihat kamu yang memiliki potensi.

Tidak perlu menjelaskannya secara detail, cukup jelaskan secara singkat dan juga relevan dengan posisi yang dilamar. Seperti bertanggung jawab, disiplin, tepat waktu, memiliki loyalitas yang tinggi, dan lain sebagainya.

Gunakan juga kalimat yang jelas dan ringkas supaya recruiter memahami deskripsi kamu dengan baik. Juga tidak membingungkan recruiter dengan kata yang bertele-tele dan membingungkan.

3. Nama Perusahaan

Informasi selanjutnya yang harus kamu tuliskan adalah nama perusahaan yang akan kamu lamar. Nama perusahaan ini harus diletakkan di paling atas bagian resume.

Tuliskanlah nama perusahaan tempat kamu melamar dengan baik dan benar. Usahakan jangan sampai ada salah ketik nama dan juga alamatnya.

4. Lampiran Berkas

Dalam resume, kamu juga perlu menuliskan berkas apa saja yang akan kamu lampirkan bersama dengan resume tersebut. Biasanya berkas-berkas yang dilampirkan adalah berkas yang menjadi persyaratan dokumen wajib dari pihak perusahaan.

Jika perusahaan meminta kamu melampirkan CV, Ijazah, SKCK, dan lain sebagainya, maka kamu bisa menuliskan berkas tersebut di resume. Tuliskan dalam format numbering agar lebih mudah dibaca dan dibedakan oleh recruiter.

Baca Juga  Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik dan Benar

Semakin banyak persyaratan dokumen yang ditentukan, maka akan semakin banyak juga berkas yang harus ditulis dalam resume. Untuk lampiran berkas yang satu ini, kamu bisa menuliskannya sebelum masuk ke paragraf penutup.

Sebagai pengingat, untuk jangan sampai salah memasukkan lampiran berkas yang akan dikirim. Karena hal tersebut dapat berakibat fatal dan memengaruhi kamu lolos atau tidak ke tahap selanjutnya.

Selain itu, kamu juga harus menuliskan lampiran-lampiran berkas yang akan dikirim dengan sesuai. Bukan hanya harus berhati-hati dengan berkas yang akan dikirim, tetapi penulisan dalam resume juga harus kamu perhatikan.

Nantinya, agar Resume Lamaran Kerja kamu dapat dinilai baik oleh pihak recruiter dan menjadi nilai plus. Dimana masih banyak orang yang salah dalam penulisan resumenya, sedangkan kamu bisa membuat resume yang berkualitas.

5. Tanggal Penulisan Resume

Untuk informasi yang satu ini cukup simple saja, karena kamu hanya perlu menuliskan tanggal penulisan resume kamu. Disertai juga dengan nama kota domisili kamu pada bagian awalnya.

Sehingga format penulisan dari tanggal resume ini adalah “Bogor, 16 Juli 2022”. Tuliskan juga dengan bulan dan tahunnya secara lengkap.

Selain itu, informasi yang satu ini diletakkan di paling awal penulisan Resume Lamaran Kerja. Sehingga resume ini diawali dengan penulisan format tanggal.

6. Jumlah Lampiran

Informasi tambahan yang dapat kamu muat dalam Resume Lamaran Kerja adalah jumlah dari lampiran berkas. Misalnya berkas yang ingin dilampirkan berjumlah 3 dokumen, maka tuliskanlah 3 berkas atau 3 dokumen.

Penulisan jumlah lampiran ini juga diletakkan diawal resume, tepatnya berada di bawah penulisan tanggal. Jangan sampai kamu menuliskannya di akhir yang sama dengan penulisan nama-nama berkas.

Contoh Resume Lamaran Kerja

Contoh Resume Lamaran Kerja

Agar lebih mudah dimengerti, kami akan langsung memberikan bagaimana Contoh Resume Lamaran Kerja yang baik dan benar. Silahkan kamu ikuti format-format dibawah ini dan temukan format yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Contoh Resume Lamaran Kerja 1

Makassar, 20 Juli 2022

Hal : Resume Lamaran Kerja
Lampiran : 5 Berkas

Kepada Yth,
HRD PT Sejahtera Maju Farmasi
Makassar

Dengan Hormat,
Bersamaan dengan surat lamaran kerja ini, saya bermaksud ingin melamar pekerjaan pada posisi Supervisor di PT Sejahtera Maju. Saya mendapatkan informasi lowongan pekerjaan ini pada media online Instagram PT Sejahtera Maju.

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut :

Nama : Citra Juliani
Tempat Tanggal Lahir : Makassar, 19 Oktober 1997
Alamat : Jl. Pengayoman, Masale, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Pendidikan : S1 – Universitas Gadjah Mada
Nomor Telepon : 0838********

Saya memiliki pengalaman dalam posisi Supervisor perusahaan Farmasi selama 4 tahun. Selama masa transisi, saya banyak menghabiskan waktu mengikuti kelas-kelas farmasi untuk menambah dan mengembangkan skill saya. Yang juga akan saya gunakan untuk menunjang kinerja saya di perusahaan yang baru.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan dokumen-dokumen pendukung, sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Scan SKCK
  3. Scan Ijazah Terakhir
  4. Scan Surat Pengalaman Kerja
  5. Scan Transkrip Nilai

Seluruh dokumen dan data yang saya cantumkan diatas adalah benar sebagaimana mestinya. Jika terdapat kekeliruan akan dokumen tersebut, saya siap bertanggung jawab.

Baca Juga  Contoh Surat Keterangan Kerja Simple Untuk Berbagai Keperluan

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, Atas perhatian Bapak/Ibu HRD sekalian, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Citra Juliani

2. Contoh Resume Lamaran Kerja 2

Bandung, 02 Januari 2022

Hal : Resume Lamaran Kerja
Lampiran : 3 Berkas

Kepada Yth,
PT Indo Jaya Sejahtera
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Maulana Ibrahim
Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 19 Februari 2006
Alamat : Jl. Cihampelas, Bandung, Jawa Barat
Pendidikan : Teknik Komputer dan Jaringan – SMK Negeri 11 Bandung
No. Telp : 0896********

Bermaksud ingin mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk PKL di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya mendapat informasi lowongan ini dari rekomendasi Kepala Sekolah saya.

Saya memiliki pengalaman dalam membantu pihak sekolah menyiapkan persiapan yang diperlukan untuk UN tahun lalu. Tugas saya yaitu menyambungkan komputer ke internet menggunakan kabel UTP. Saya juga seorang yang pekerja keras, disiplin, dan bertanggung jawab.

Sebagai pertimbangan, saya melampirkan dokumen dibawah ini :

  1. Curriculum Vitae
  2. Scan Transkrip Nilai
  3. Surat Rekomendasi Sekolah

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, dengan harapan agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan untuk menerima saya melakukan PKL di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Maulana Ibrahim

Manfaat Penulisan Resume Lamaran Kerja

Manfaat Penulisan Resume Lamaran Kerja

Sebagai dokumen yang wajib dikirim ketika melamar pekerjaan, tentunya Resume Lamaran Kerja ini memiliki beberapa manfaat. Manfaat yang akan kamu dapatkan apabila menuliskan resume ini dengan baik dan benar.

Langsung saja berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menuliskan Resume Lamaran Kerja secara benar. Simak dengan baik dan pertimbangkan kembali untuk dapat merasakan manfaat-manfaat dibawah ini!

  • Memberikan gambaran diri secara singkat dan jelas.
  • Memperlihatkan sisi profesionalisme kamu dalam mencari kerja.
  • Menonjolkan keahlian dan pengalaman yang kamu miliki.
  • Memudahkan recruiter dalam proses seleksi.

FAQ About Resume Lamaran Kerja

Berapa Banyak Halaman Untuk Resume?

Karena penulisan resume ini cukup singkat, 1 sampai 2 halaman saja sudah cukup untuk penulisan isi dalam dokumennya. Namun kembali lagi, jumlah halaman ini dapat berubah tergantung dari kebutuhan yang harus diikuti.

Apa Yang Sebaiknya Dihindari Ketika Membuat Resume?

Yang harus dihindari ketika membuat resume adalah penulisan informasi yang terlalu panjang dan tidak relevan. Akan lebih baik jika fokus terhadap inti dari informasi yang akan diberikan.

Hal tersebut akan lebih menonjolkan poin dari informasi tersebut dan tidak bertele-tele. Recruiter juga tentunya jauh lebih menyukai penyampaian informasi yang to the point.

Itulah beberapa informasi mengenai Resume Lamaran Kerja yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan semangat terus untuk kamu para pejuang dalam mencari pekerjaan!.

Baca juga beberapa informasi menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-05-01 07:16:47.