Cara Menggunakan Robo Advisor Untuk Hasilkan Cuan Maksimal

Kpp621.id – Robo Advisor ialah platform digital yang dapat membantu untuk mengelola berbagai macam layanan keuangan dan pengaturan rencana finansial. Saat ini, banyak sekali untuk menginvestasikan uang yang kita miliki. Sebagai contohnya ialah obligasi, saham, dan reksadana.

Dahulu investasi uang dengan cara seperti itu sering kali diragukan karena kurangnya sosialisasi yang membuatnya susah untuk dipahami. Akan tetapi, sekarang sudah banyak sekali yang menjadikannya sebagai simpanan uang atau tabungan alternatif.

Karena dapat menghasilkan keuntungan berkali – kali lipat daripada menyimpannya di rekening seperti pada umumnya. Namun, semakin bertumbuhnya kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya investasi dan keuntungan – keuntungannya membuat teknologi investasi terus dikembangkan untuk lebih maju.

Kalo kita berbicara tentang instrumen investasi dan teknologi – teknologi yang mendukung para investor dalam mengelola investasinya, saat ini bisa dengan memanfaatkan fitur yang tersedia yaitu robo advisor.

Robo advisor dirancang untuk dapat membantu kamu dan para investor dalam menginvestasikan uang dengan aman, cepat dan efektif agar mendapatkan keuntungan.

Nah, biar kalian ga bingung lagi dengan robo advisor, kami akan membahasnya secara lengkap pada artikel ini. Simak baik – baik artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai robo advisor!

Apa Itu Robo Advisor?

Apa Itu Robo Advisor

Pastinya banyak dari kalian yang masih tidak tau dengan robo advisor. Jadi, robo advisor ini merupakan sebuah platform digital yang bisa digunakan untuk membantu dalam mengelola berbagai macam layanan keuangan dan rencana finasial.

Robo advisor sama sekali tidak menggunakan bantuan sumber daya manusia. Layanan ini diciptakan dengan sebuah teknologi pemrograman algoritma yang canggih dan dapat memberikan solusi personal.

Hal ini dapat memudahkan kita untuk mencari program terbaik yang sesuai dengan data yang telah dimasukkan oleh platform investasi dan keterangan dari investor.

Dalam berinvestasi, platform robo advisor digunakan sebagai teknologi yang digunakan untuk mambantu investor dalam perancangan portofolio yang optimal yang didasarkan pada umur, profil resiko, dan tujuan hidup, secara otomatis.

Nah, dengan adanya robo advisor ini para investor tidak perlu lagi berkonsultasi dengan perencana keuangan. Hal ini dikarenakan robo advisor secara otomatis akan membuatkan portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan investor dengan menggunakan sebuah algoritma pemrograman.

Robo advisor bekerja dengan berdasarkan data eksak yang dimasukkan ke dalam sistem. Dari data itulah, robo advisor akan memberikan keputusuan portofolio yang sesuai dengan kebutuhan.

Hal inilah yang menjadi alasan bahwa layanan ini sangat cocok untuk para investor yang suka mengelola investasinya sendiri dengan mengoptimalkan portofoli investasinya.

Akan tetapi, bagi investor yang lebih suka berinteraksi langsung dengan penasihat keuangan maka robo advisor ini kurang cocok dengan kebutuhan investor tersebut.

Karena mau bagaimanapun, layanan ini hanyalah sebuah mesing yang tidak memiliki emosi, hal – hal yang berkaitan dengan emosi dan bersifat pribadi tidak akan dipertimbangkan oleh robo advisor.

Baca Juga  Pengertian Berpikir Kritis Adalah, Manfaat dan Contohnya

Cara Robo Advisor Membuat Portofolio Investasi

Cara Robo Advisor Membuat Portofolio Investasi

Pada umumnya robo advisor memiliki tiga dasar sistem kerja yang dapat membantu investor dalam membuat, membentuk, memperbaiki, dan melengkapi portofolio investasi. Sistem ini dilakukan secara online yaitu Auto Risk Profiling, Auto Financial Plan, dan Auto Rebalancing.

  • Auto Risk Profiling, investor atau nasabah harus menjawab survey yang ada pada platform pilihan investasi digital yang dipilih supaya profil resiko kamu bisa ditentukan.
  • Auto Financial Plan, robo advisor akan memberikan alokasi portofolio investasi terbaik yang cocok dengan jawaban dari survey kamu.
  • Auto Rebalancing, dimana layanan robo advisor ini akan mempertahankan alokasi optimal kamu berdasarkan perubahan pasar untuk semaksimal mungkin dapat mengurangi resiko investasi.

Kalau dijabarkan secara lengkap, berikut ialah tahapan yang akan dilakukan para investor yang hendak mendapatkan portofolio investasi yang optimal dengan teknologi advisor.

1. Mengisi Atau Menjawab Pertanyaan / Survei Online

Langkah yang pertama dilakukan untuk dapat menggunakan robo advisor ialah mengisi survei yang telah disediakan agar sistem dari robo advisor dapat mengetahui profil resiko investasi kamu. Hal ini sangat penting karena berguna untuk mendapatkan portofolio investasi yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Membuat Rekening Untuk Memulai Investasi

Setelah selesai mengisi survey profil resiko investasi, kamu bisa membuat rekening pada robo advisor untuk menyimpan dana yang ingin diinvestasikan. Rekening ini bisa diakses secara otomatis oleh robo advisor sehingga investor bisa membuat seluruh kegiatan investasi menjadi otomatis.

3. Data Yang Terkumpul Akan Diolah Oleh Robo Advisor

Data dari profil resiko yang didapatkan setelah kamu mengisi survei akan diolah oleh robo advisor secara otomatis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, robo advisor dapat mengolah data berdasarkan algoritma pemrograman.

4. Memberikan Rekomendasi Portofolio Terbaik

Setelah selesai mengolah data robo advisor bisa memberikan rekomendasi portofolio ke investor. Setelah itu, layanan ini akan secara otomatis membeli produk – produk investasi yang telah disarankan dengan menggunakan uang yang tersimpan pada rekening investasi.

5. Menyeimbangkan Portofolio

Seiring waktu terus berjalan, keuntungan yang didapatkan investasi ini bisa berubah – ubah. Jika hasil keuntungan dari investasi itu tidak merata, maka proporsi pada portofolio investasinya juga bisa ikut berubah dan belum pasti optimal lagi.

Hal itu dikarenakan robo advisor secara otomatis akan memantau dan menyeimbangkan portofolio itu secara berkala. Tidak hanya untuk mengoptimalkan keuntungan, tapi juga untuk meminimalisir resiko.

Keuntungan Berinvestasi Menggunakan Robo Advisor

Keuntungan Berinvestasi Menggunakan Robo Advisor

1. Meringankan Kegiatan Investasi

Dengan menggunakan Robo Advisor bisa membuat kamu tidak perlu mengawasi perubahan setiap saat pada portofolio investasi. Hal ini karena bisa dilakukan secara langsung oleh robo advisor, maka investasi akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Kamu bisa mengakses portofolio keuangan selama 24/7 dan bisa dengan mudah masuk ke pasar perdagangan untuk mengikuti alur perdagangan di pasar tersebut.

2. Biaya Lebih Rendah

Berbicara masalah biaya, robo advisor ini mengenakan biaya berdasarkan persentase aset. Biasanya biaya tersebut sebesar 0,15% sampai 0,5% dari keseluruhan aset investasi yang dimiliki.

Biaya yang diperlukan pun terbilang relatif murah karena robo Addvisor menggunakan robot dan tidak memerlukan tenaga kerja manusia untuk dapat melayani investor secara langsung.

Robo advisor dikerjakan langsung oleh robot, dengan begitu tidak perlu dikenakan biaya seperti menggunakan jasa konsultasi konvensional atau penasihat keuangan.

3. Rekomendasi Portofolio Lebih Tepat Sasaran

Portofolio yang direkomendasikan ini berdasarkan dari data survei yang kamu isi sebelumnya. Akurasi portofolio hingga produk investasi yang akan direkomendasikan sangatlah tinggi bahkan bisa mencapai lebih dari 90% sesuai dengan kepribadian dan situasi finansial kamu.

Baca Juga  Yuk Kenali Knowledge Management System (KMS) Di Perusahaan

Investasi yang akan dibuat ini dipilih berdasarkan dengan rekomendasi robo Addvisor yang lebih menguntungkan dan tentunya aman.

4. Lebih Efisien dan Praktis

Jika menggunakan robo Addvisor, kamu bisa mengatur portofolio dengan lebih efisien ketimbang harus menggunakan jasa penasihat keuangan konvensional yang pastinya memiliki prosedur yang rumit.

Kamu diharuskan menelpon atau bertemu secara langsung dengan penasihat keuangan kamu untuk dapat mengatur portofolio investasi kamu. Selain itu juga kamu harus menjelaskan secara detail kondisi keuangan kamu saat ini, lalu mengisi dokumen – dokumen yang diperlukan, dan menunggu hasil.

Sedangkan jika menggunakan robo Addvisor, hal – hal itu dapat dilakukan dengan beberapa klik dan dilakukan dimana saja untuk dapat mengatur dan menentukan proporsi portofolio investasi kamu.

Dengan robo Addvisor tentunya akan menjadi lebih mudah saat berinvestasi dan kamu tidak akan merasa ribet karena harus menyiapkan dokumen – dokumen yang perlu disiapkan saat konsultasi dengan penasihat keuangan kamu.

Ketika kita ingin menggunakan suatu alat atau jasa tentunya perlu mengetahui terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, kita bisa menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari robo Addvisor? Untuk mengetahuinya simak penjelasan di bawah ini!

Kelebihan Menggunakan Layanan Robo Advisor

Kelebihan Menggunakan Layanan Robo Advisor

1. Rebalancing Strategy

Dengan menyeimbangkan kembali (rebalancing) komposisi dari portofolio kembali ke alokasi aset pilihan dari waktu ke waktu yang akan meningkatkan pengembalian dana. Hal ini bisa mengurangi volatilitas.

Langkah ini adalah strategi untuk bisa menjaga investasi pada obligasi, saham, dan dana lainnya yang sesuai dengan prefensi masing – masing. Hal ini bisa dilakukan sendiri atau melalui penasihat keuangan untuk melakukannya. Akan tetapi, layanan robo Addvisor ini dapat melakukannya langsung dengan lebih baik untuk bisa mengotomatisasi tugas tersebut.

Seperti pada contoh bagaimana cara kerja layanan robo Addvisor di atas, kita bisa mengetahui bahwa platform ini bisa membagi portofolio investor ke dalam beberapa aset dengan kuantitas yang berbeda.

Contohnya seperti investasi jangka panjang dengan alokasi RDPT 35%, RDPU 25%, dan RDS 40%. Nah, platform ini memiliki rate deviasi tertentu untuk pencapaian investasi tetap sesuai dengan target.

Misalnya pada pembagian portofolio di atas, platform ini bisa menetapkan rate deviasi sebesar 5%. Dengan begitu, alokasi RDPT bisa sebesar 30% atau 40%, RDPU sebesar 20% atau 30% dan juga RDS bisa 35% atau 45%.

Dan apabila harga aset yang dimiliki oleh investor melonjak dengan tajam sehingga porsi dari RDS melebihi 45%, maka robo Addvisor akan melakukan penyesuaian sehingga porsi RDS tidak akan lebih dari batas maksimum.

Versi terbaru dari fitur rebalancing pada robo Addvisor dapat menjual aset dalam kondisi rugi agar terhindar dari pajak. Dengan begitu, investor dapat memeroleh peningkatan potensi keuntungan.

2. Biaya Minimum

Seperti yang kita tahu, kebanyakan dari penasihat keuangan akan mengenakan biaya sekitar 1% dari Assets Under Management (AUM) untuk menangani sebuah portofolio investasi. Berbeda dengan robo Addvisor, biayanya hanya berkisar dari 0 untuk Schwab Intelligent Portofolios hingga 0,89% untuk modal milik Personal Capital.

Apabila dibandingkan dengan menyewa jasa penasihat keuangan atau perencana keuangan yang telah ada pada perusahaan sekuritas, tentunya biaya minimum yang ditawarkan oleh teknologi ini lebih rendah 50%.

Baca Juga  Marketing Communication Pengertian dan Strategi Penerapannya

Selain daripada itu, menggunakan robo Addvisor akan meminimalisir terjadinya human error karena tidak dilakukan dan diawasi oleh manusia.

Apalagi kalau kamu mau membeli aset yang berasal dari luar negeri yang memiliki jam siang dan jam malam yang berbeda seperti Amerika Serikat.

Dengan menggunakan platform ini kamu bisa dengan mudah untuk menjual ataupun membeli aset secara otomatis tanpa perlu kamu awasi secara langsung.

3. Return Pasar

Pengembalian dana investasi atau return dengan standar pasar yang sesuai. Tetapi, banyak dari reksa dana aktif gagal untuk memenuhi tolak ukur tersebut. Akademisi dan juga para pelopor telah membandingkan pengembalian manajer dana aktif dengan indeks pasar.

4. Investor Tidak Perlu Memilih Aset

Jika kamu menggunakan layanan ini, kamu tidak perlu melakukan penyeleksian aset yang (terkhusus untuk reksa dana) satu per satu.

Itu karena platform ini secara otomatis bisa menyediakan aset rekomendasi kepada investor yang telah mengisi survei. Maka dari itu, tidak heran kalau fitur seperti ini sangat cocok jika digunakan oleh investor pemula.

FAQ

Robo Advisor ialah platform digital yang dapat membantu untuk mengelola berbagai macam layanan keuangan dan pengaturan rencana finansial. Saat ini, banyak sekali untuk menginvestasikan uang yang kita miliki. Sebagai contohnya ialah obligasi, saham, dan reksadana.

Dahulu investasi uang dengan cara seperti itu sering kali diragukan karena kurangnya sosialisasi yang membuatnya susah untuk dipahami. Akan tetapi, sekarang sudah banyak sekali yang menjadikannya sebagai simpanan uang atau tabungan alternatif.

Karena dapat menghasilkan keuntungan berkali – kali lipat daripada menyimpannya di rekening seperti pada umumnya. Namun, semakin bertumbuhnya kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya investasi dan keuntungan – keuntungannya membuat teknologi investasi terus dikembangkan untuk lebih maju.

Kalo kita berbicara tentang instrumen investasi dan teknologi – teknologi yang mendukung para investor dalam mengelola investasinya, saat ini bisa dengan memanfaatkan fitur yang tersedia yaitu robo advisor.

Robo advisor dirancang untuk dapat membantu kamu dan para investor dalam menginvestasikan uang dengan aman, cepat dan efektif agar mendapatkan keuntungan.

1. Apa Yang Dimaksud Dengan Robo Advisor?

Robo Advisor ini merupakan teknologi yang dirancang untuk membantu membuat portofolio yang optimal.

Robo advisor sama sekali tidak menggunakan bantuan sumber daya manusia. Platform ini dirancang dengan sebuah teknologi pemrograman algoritma yang canggih dan dapat memberikan solusi personal.

Hal ini dapat memudahkan kita untuk mencari program terbaik yang sesuai dengan data yang telah dimasukkan oleh platform investasi dan keterangan dari investor.

2. Apakah Platform Ini Berbayar?

Untuk menggunakan layanan ini tidak dikenakan biaya sampai dengan tanggal 31 Desember 2022. Jika masalah biaya, saat ini mengenakan biaya berdasarkan persentase aset. Biasanya biaya tersebut sebesar 0,15% sampai 0,5% dari keseluruhan aset investasi yang dimiliki.

Biaya yang diperlukan pun bisa dikatakan relatif murah karena robo advisor menggunakan robot dan tidak memerlukan tenaga kerja manusia untuk dapat melayani investor secara langsung.

Akhir Kata

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Robo Addvisor.Mudah dimengerti kan? Dengan menggunakan layanan ini akan membuat kita lebih mudah lagi dalam melakukan investasi keuangan.

Sekian dari kami dan terima kasih telah berkunjung ke artikel kami. Sampai jumpa pada pembahasan lainnya ya!

Simak juga list beberapa artikel yang menarik dari kami lainnya dan tentunya menambah wawasan untuk kamu simak :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-05-11 21:52:28.