Project Adalah: Pengertian, Jenis, Unsur dan Karakteristik

KPP621.id – Project merupakan sebuah istilah yang saat ini mungkin kamu yang mendengar juga sangat familiar. Karena kamu juga seringkali mendengar istilah itu ketika sedang belajar di kelas, di tempat kerja, atau juga pada pembangunan di suatu tempat.

Lantas, apakah kamu sudah tau artinya project sendiri? Karena artinya bisa berbeda beda tergantung apa konteks yang sedang dibicarakan. Oleh karena itu banyak jenis dan juga unsur serta sifatnya tergantung konteksnya.

Nah kalau kamu pengen cari tau apa sih project itu dan apa saja jenis jenisnya maka kamu ada di artikel yang tepat. Maka dari itu, kamu bisa baca pembahasan yang kami tulis ini sampai selesai agar informasi mengenai Project ini bisa kamu pahami.

Seputar Tentang Project

Seputar Tentang Project

Pernahkah kamu di kegiatanmu sehari hari melihat ketika ada orang yang ditawarkan untuk mengerjakan atau menyelesaikan sebuah proyek? Mungkin juga kamu sendiri sudah sering untuk mengerjakan berbagai proyek yang ditawarkan seseorang.

Untuk kamu yang belum tahu proyek itu tidak selalu berkaitan terhadap pekerjaan untuk membangun sebuah gedung atau konstruksi lainnya. Tetapi sejatinya juga selain dari bidang konstruksi, proyek juga banyak dipakai untuk berbagai kegiatan lain.

Biasanya juga untuk penggunaan kata proyek sendiri seringkali didengar ketika pembahasannya bukan konstruksi bangunan saja. Contohnya seperti kamu seorang mahasiswa yang ada di semester akhir sehingga harus mengerjakan proyek tugas akhirmu.

Jadi, proyek juga banyak artinya tergantung apa konteks yang sedang kamu bicarakan mengenai proyek tersebut. Lantas, apa sih sebenarnya arti dari Project sendiri? Istilahnya sering disebutkan tetapi mungkin kamu juga belum tahu makna aslinya.

Jadi, istilah proyek ini merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa asing yaitu Inggris dan diterjemahkan memakai Bahasa Indonesia. Meskipun setelah diterjemahkan artinya ada lebih dari satu seperti rencana, rancangan, dan yang lainnya.

Nah dari berbagai terjemahan tersebut, kamu bisa menyimpulkannya dengan asumsimu sendiri. Namun, secara garis besarnya untuk project sendiri merupakan suatu kegiatan atau aktivitas bekerja fisik maupun non fisik.

Dimana berbagai aktivitas yang diartikan tersebut juga bisa berhubungan dengan kegiatan membuat produk atau juga menawarkan jasa. Tetapi beda kalau kamu bandingkan dengan pekerjaan biasa karena proyek biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu saja.

Ketika proyek dimulai pertama kalinya, biasanya hal tersebut dikenal dengan kick off seperti pertandingan bola sepak. Sedangkan ketika proyek sudah berakhir, ada istilahnya juga yaitu penutup atau closing untuk menandakan bahwa proyeknya sudah usai.

Sebelum proyek mulai dikerjakan, biasanya juga ada pendahuluannya dengan merancang alur kegiatan dan juga brainstorming ide. Kalau ide dan juga perencanaannya ditetapkan, maka kamu sudah bisa masuk ke tahap pembuatan. Dan kalau proyeknya beres kamu pun bisa menutup proyeknya.

Baca Juga  Pengertian Berpikir Kritis Adalah, Manfaat dan Contohnya

Berbagai Jenis Project

Berbagai Jenis Project

Karena proyek sendiri tidak terikat dengan salah satu kegiatan saja. Melainkan proyek juga punya banyak jenisnya tergantung dengan objek dari proyek apa yang tengah dikerjakan. Lantas apa saja kegiatan proyek itu?

Penggunaan dari istilah proyek sendiri juga sering sekali dikaitkan dengan kegiatan di luar pembangunan. Contohnya seperti ada seseorang yang sedang meneliti sesuatu dan melakukan riset tentangnya maka itu juga bisa disebut proyek.

Nah supaya kamu dapat memahaminya lebih dalam lagi terkait proyek, maka kami akan menjelaskan beberapa jenis proyek yang ada. Dengan begitu pertanyaan untukmu mengenai proyek apa saja yang ada akan terjawab di tulisan ini.

Kemudian kalau kamu bandingkan berdasarkan jenisnya, proyek yang sering kamu dengar mungkin adalah pembangunan. Berarti proyek dalam konteks ini merupakan sebuah proyek pembangunan gedung atau bisa kamu sebut proyek konstruksi.

Kalau kamu bandingkan juga berdasarkan kegiatan yang dilakukkannya, ada beberapa jenis dari proyek itu. Dan perbedaan proyek itu sendiri ada karena terdapat perbedaan dari waktu pelaksanaan, kegiatannya, serta apa tujuan proyek itu dibuat.

Nah kalau begitu berikut ini ada berbagai jenis proyek yang telah kami jabarkan. Untuk kamu yang belum paham dengan istilah atau kata proyek sendiri bisa membacanya dengan teliti agar bisa membedakan jenisnya.

1. Project Manufacture

Nah untuk jenis proyek yang pertama ada manufaktur atau proyek untuk memproduksi sesuatu. Jadi proyek ini dikerjakan oleh suatu perusahaan secara berkelompok yang kegiatan utamanya yaitu mengolah dan juga memproduksi bahan baku menjadi sebuah barang jadi.

Dan biasanya proyek manufaktur sendiri memerlukan tenaga mesin, manusia, dan juga robot untuk bisa mencapai target jumlah produksi. Sehingga barang yang diproduksi dapat didistribusikan sesuai dengan pesanan customer dan tidak banyak memerlukan biaya.

Dan dalam pelaksanaan atau pengerjaannya sendiri, proyek manufaktur ini dilakukannya dengan skala yang besar dan biaya yang tidak sedikit. Contohnya seperti pada proyek untuk membuat kendaraan bermotor ataupun membuat alat elektronik.

2. Project Penelitian

Proyek penelitian sendiri merupakan salah satu jenis proyek yang bisa menghasilkan suatu produk yaitu jasa. Biasanya produk jasa yang ditawarkan adalah sebuah pengetahuan baru atas penelitian yang telah dilakukan.

Seperti jenisnya sendiri, proyek ini tidak boleh sembarangan dan dikerjakan oleh orang orang tertentu saja. Karena untuk menyelesaikan sebuah proyek penelitian membutuhkan orang yang memang ahli atau expert di bidangnya.

Sehingga hasil dari penelitiannya juga valid dan bisa dipertanggungjawabkan keasliannya. Kamu juga bisa menggunakan proyek penelitian ini sebagai referensi kalau ingin melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan proyek sebelumnya.

3. Project Kelayakan Sebuah Manajemen

Memang biasanya sebuah proyek akan menghasilkan satu produk barang atau fisik setelah proyeknya selesai. Tetapi ada juga sebuah proyek yang hasilnya berupa produk jasa. Dan produk jasa yang dihasilkan ini biasanya dilakukan dengan nama proyek manajemen kelayakan.

Dari namana sendiri kamu mungkin sudah bisa mengasumsikan bagaimana pengertiannya. Bahwasanya proyek ini tentu memiliki kaitan dengan efektivitasnya sebuah manajemen yang dilakukan. Dengan mengetahui tingkat efektivitasnya, maka manajemen tersebut bisa disebut layak atau juga tidak layak.

Baca Juga  Contoh Surat Keterangan Kerja Simple Untuk Berbagai Keperluan

4. Project Konstruksi Bagunan

Nah untuk jenis proyek yang satu ini sudah pasti kamu sering sekali mendengarnya. Karena proyek ini sangat sering diadakan terkait pembangunan sebuah gedung, rumah, maupun tempat tempat yang akan digunakan nantinya yakni proyek konstruksi bangunan.

Untuk kamu yang belum tau mengenai proyek ini, tujuan yang dicapai adalah membuat suatu produk berupa sebuah bangunan. Contohnya bisa kamu lihat ketika sedang lewat di jalan dan melihat ada gedung yang dalam proses pembangunan.

Unsur Pada Project

Unsur Pada Project

Nah untuk jenis jenis proyek sendiri sudah kita bahas di atas dan sekarang kamu mungkin juga penasaran dengan apa aja yang harus ada dalam sebuah project. Karena proyek sendiri pengerjaannya tidak tetap dan ada rentang waktunya.

Maka dari itu, ada yang disebut unsur pada proyek yang membuat proyek tersebut punya ciri sendiri. Agar kamu tau apa saja unsur dari sebuah proyek itu, berikut ini unsurnya supaya sebuah proyek bisa berjalan dengan lancar.

1. Adanya Ruang Lingkup

Unsur yang paling utama dan menjadi penentu untuk suatu kegiatan itu dikatakan proyek atau bukan adalah ruang lingkup. Ruang lingkup dalam proyek sendiri meliupti perencanaan yang terkait dengan waktu pelaksanaannya, kegiatan yang dilakukan, dan banyaknya biaya yang digunakan.

Tujuan dari adanya ruang lingkup di suatu proyek yakni menjadi pembatas setiap kegiatan yang dilakukannya. Supaya ketika nanti yang mengerjakan proyek tahu hal apa saja yang harus dikerjakan dan tidak melakukan hal di luar dari ruang lingkup tersebut.

2. Ada Penggunaan SDM

Hal selanjutnya yang menjadi salah satu unsur sebuah proyek adalah adanya sumber daya manusianya. Karena kalau sumber daya manusia tidak ada dalam pengerjaan sebuah proyek, bisa jadi proyeknya tidak jalan ataupun dikerjakan hanya dengan robot yang super canggih.

Jadi, kalau dalam suatu aktivitas kerja dengan batasan ruang lingkup tertentu kamu melihat ada sdm di dalamya. Kamu bisa menyebut kegiatan tersebut merupakan sebuah proyek yang sedang berjalan atau dikerjakan.

3. Ditentukannya Rentang Waktu

Sebelumnya kami juga sudah mengatakan kalau sebuah proyek itu pengerjaannya selalu dalam jangka waktu tertentu. Karena estimasi penyelesaian proyek akan menentukan berapa jumlah modal atau uang yang diperlukan di dalamnya.

Dengan rentang waktu yang sudah ditentukan, maka proyek mulai bisa dilaksanakan dengan kick off sebagai permulaannya. Para pekerja pun jadi tahu kapan batas waktu pengerjaannya dan harus dibayar sesuai dengan banyaknya jam kerja yang dihabiskannya.

4. Modal Atau Uang

Nah unsur terakhir yang juga paling penting dari suatu proyek yang dikerjakan adalah adanya modal atau uang. Dengan mengetahui jumlah modal atau uang yang digunakan dalam proyek maka pihak manajemen jadi bisa menganalisis apakah proyeknya akan berjalan sepenuhnya atau tidak.

Karena kalau modal atau uangnya yang dipakai dalam proyek tidak mencukupi atau tidak ada, maka proyek pun bisa dibatalkan atau tidak akan jadi sepenuhnya. Sehingga unsur yang satu ini sangat vital dan menjadi faktor berpengaruh apakah proyeknya akan dilaksanakan atau tidak.

Baca Juga  Tes Psikotes: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Mengerjakannya

Project Pada Pendidikan

Project Pada Pendidikan

Ternyata tidak hanya di dunia pekerjaan saja loh untuk penggunaan istilah proyek ini. Melainkan di dunia pendidikan juga istilah ini juga dipakai untuk guru yang memberikan tugas sekolah dan harus membuat sesuatu.

Kalau kamu masih sekolah atau berkuliah juga pasti mengerti dengan penggunaan istilah proyek dalam tugas yang diberikan guru atau dosenmu. Karena proyek dalam pendidikan ini juga merupakan salah satu dari model pembelajaran yang sekarang ada.

Sebenarnya proyek yang diberikan kepada siswa atau pun mahasiswa punya tujuan agar pelajar terbiasa dengan meneliti sesuatu. Dari suatu masalah yang diteliti itu pelajar diharapkan mampu untuk menyelesaikannya dengan metode yang pas.

Biasanya proyek yang diberikan juga tidak secara individu saja tetapi berkelompok agar kamu terbiasa dalam bekerja secara kelompok. Dengan begitu kemampuan bersosialisasi dan juga problem solvingmu akan meningkat dengan bantuan teman satu kelompokmu.

Proyek tersebut juga bisa dianggap sebagai proyek penelitian karena tujuannya juga sama yaitu untuk memperoleh pengetahuan yang baru. Dan pelajar pun mendapatkan wawasan baru mengenai objek yang menjadi bahan penelitiannya.

Proyek untuk pendidikan ini juga punya unsur yang mirip dengan proyek pada umumnya. Karena secara garis besar semua proyek perlu unsur yang sudah kami sebutkan sebelumnnya agar proyek yang dikerjakan bisa berjalan sesuai.

Nah dalam pengerjaan proyek pasti butuh seseorang yang bisa memimpin dan mengatur agar proyeknya tetap berjalan sesuai. Tugas tersebut dilakukan oleh seorang manajer proyek yang mengemban tanggung jawab mengatur keseluruhan proyek.

Karena kalau suatu proyek tidak punya manager maka proyek tersebut akan semrawut dan tidak berjalan lancar. Meskipun proyeknya selesai, tetapi hasilnya akan jauh dari yang diharapkan dan sekedar selesai saja.

FAQ

1. Apakah Project Hanya Bangunan Saja?

Tidak hanya seputar bangunan saja, tetapi project juga banyak jenisnya seperti penelitian, kelayakan untuk manajemen, dan manufaktur. Semua itu berbeda tergantung objek yang dikerjakan dan apa yang menjadi tujuannya.

2. Apa Sih Manfaatnya Project Untuk Pendidikan?

Proyek di pendidikan sendiri sangat banyak manfaatnya karena akan menambah wawasan baru untuk pelajar dengan meneliti. Sehingga nantinya mereka terbiasa untuk merumuskan masalah dan memecahkannya sendiri dengan melakukan riset.

3. Apa Sih Project Manager Itu?

Seorang proyek manager adalah orang yang mengemban tanggung jawab terhadap proyek yang dikerjakannya. Dengan begitu proyek bisa dipantau dan bisa diarahkan agar berjalan sesuai dengan perencanaan awal.

Demikianlah penjelasan kami mengenai Project, beberapa jenisnya dan juga unsur unsurnya. Semoga dengan kamu mengetahui informasi ini kamu pun jadi berpengetahuan seputar proyek dan tidak bingung lagi kalau ditanya.

Baca juga beberapa artikel terkait lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-04-28 21:50:43.