Doa Setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunah Arab, Latin dan Artinya

Kpp621.id – Di dalam agama islam tentunya tidak hanya terdapat sholat wajib saja yang di lakukan oleh setiap muslim. Namun juga di anjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah seperti sholat dhuha. Dan tentunya setiap ibadah terdapat doa yang harus di bacakannya. Seperti Doa Setelah Sholat Dhuha.

Tentunya umat muslim sering mendengar tantang keutamaan dan keistimewaan beribadah sholat dhuha. Karena di dalam agama islam terdapat ibadah yang wajib dan yang sunnah. Namun jika muslim yang taat pada perintah Allah SWT tentunya melaksanakan dengan keduanya. Agar bisa menambah pahala yang akan di dapatkannya.

Ada banyak sekali ibadah sunnah yang di anjurkan untuk di laksanakan oleh umat muslim. Adapun untuk salah satu sunnah yang sebaiknya di lakukan adalah melaksanakan ibadah sholat sunnah dhuha.

Yang mana sholat dhuha sendiri merupakan sebuah ibadah yang di laksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit. Akan tetapi waktu dhuha tersebut bukan berarti tepat pada saat terbitnya matahari, melainkan pada saat matahari berada di ketinggian sekitar satu tombak atau naik sedikit di atasnya.

Apabila di ukur dengan menggunakan zam, maka waktu sholat dhuha di mulai pada pukul tujuh hingga berakhir sebelum waktu sholat dzuhur. Untuk sholat dhuha di laksanakan minimal 2 rakaat dan paling banyaknya adalah 12 rakaat.

Untuk melaksanakan sholat dhuha ini caranya sama seperri melaksanakan ibadah sholat sunnha pada umumnya. Akan tetapi yang membedakan adalah niat dan jumlah rakaatnya. Jadi setelah melaksanakan sholat dhuha maka di anjurkan untuk membaca Doa Setelah Sholat Dhuha.

Dan tentunya jika kita selalu rutin dalam menjalankan sholat dhuha dan sekaligus mengamalkan doanya tentu hal tersebut merupakan perbuatan yang sangat bagus. Bahkan dengan menjalankan sholat dhuha meskipun merupakan sholat sunnah, namun bisa mendatangkan banyak manfaatnya.

Tentang Sholat Dhuha

Tentang Sholat Dhuha

Rasulullah SAW selalu mengajarkan pada umatnya untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Dalam beribadah tersebut tidak hanya melaksanakan sholat wajib saja, melainkan ada juga sholat sunnah yang di anjurkan untuk di kerjakan salah satunya adalah melaksanakan sholat dhuha.

Pada dasarnya sholat dhuha merupakan sholat dhuha yang di laksanakan pada pagi hari. Sholat dhuah sendiri memiliki variasi terkait tentang jumlah rakaat yang di lakukannya. Akan tetapi di sarankan ketika melaksanakan sholat sunnah tersebut dalam jumlah genap, muali dari 2 rakaat hingga 12 rakaat.

Adapun untuk waktu melaksanakan sholat duha tersebut adalah setelah terbitnya matahari, yang mana pada posisi matahari masih berada di sebelah timur. Untuk melaksanakan sholat dhuha tersebut caranya sama seperti melaksanakan sholat sunnah pada umumnya. Namun yang membedakan hanyalah dari segi niatnya saja.

Apalagi sholat dhuha tersebut memiliki banyak sekali manfaat bagi umat islam yang melaksakannya. Tidak hanya mendapatkan manfaat saja, melainkan akan mendapatkan keberhakan di dunia maupun di akhirat.

Jadi apabila sudah mengetahui manfaat tentang sholat dhuha tentunya orang tersebut sangat rugi jika tidak melaksanakan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang di anjurkan oleh Rasulullah SAW untuk di kerjakan oleh umatnya.

Karena di dalamnya terdapat manfaat yang sangat banyak sekali, salah satunya adalah keberkahan dalam menjalani kehidupan di dunia maupun di akhirat. Bahkan ada juga yang meyakin bahwa sholat dhuha merupakan wasilah sebagai penarik rezeki, sehingga tidak sedikit umat muslim yang melaksanakannya.

Baca Juga  Niat Mandi Wajib Setelah Haid Beserta Doa dan Tata Caranya

Jadi sebagai umat muslim yang taat, tentu selalu rutin dalam melaksanakan ibadah sholat sunnah. Dengan begitu, selain manfaat dan keutamaan sholat terdapat Doa Setelah Sholat Dhuha yang dapat di bacakannya.

Namun, meskipun demikian jangan sampai salah niat ketika melaksanakan sholat idul adha. dan juga jangan lupa melakukan berdoa setelah selesai sholat dhuha. Karena dengan berdoa, kita memohon pertolongan kepada Allah SWT, agar apa yang kita inginkan bisa terkabulkan.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Dengan Teks Arab, Latin Serta Artinya

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Dengan Teks Arab, Latin Serta Artinya

Bagi setiap muslim tentunya setelah selesai sholat dhuha di anjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Karena ketika seseorang melaksanakan sholat dhuha, doa seseorang akan lebih mudah di ijabah oleh Allah SWT.

Jadi, Doa Setelah Sholat Dhuha memang di anjurkan untuk di baca. Terlebih bagi kalian yang memang ingin meminta sesuatu kepada Allah SWT. Sehingga permintaan tersebut bisa berupa di limpahkannya rezeki, di beri kemudahan dalam hidup dan di beri ketabahan dalam menghadapi semua masalah yang ada.

Di bawah ini terdapat bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha yang bisa di bacakan bagi setiap muslim yang selesai melaksanakan ibadah sholat dhuha. Yang mana doa ini tentunya sudah mencakup berbagai macam hal, salah satunya adalah di limpahkan rezekinya. Berikut doanya silahkan simak yang ada di bawah ini.

Doa Setelah Sholat Dhuha :

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal ‘ishmatta ‘ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu’assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba’iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita ‘ibaadakash shalihiin.

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Doa yang sudah kami tuliskan di atas merupakan doa yang bisa kalian baca untuk meminta rezeki dan mempermudah dalam pencarian rezeki agar kehidupan yang kita jalani bisa berjalan dengan baik. Dan tentunya doa yang satu ini dapat membantu orang yang sedang mengalami kesulilatan dalam perekonomian.

Waktu Melaksanakan Sholat Dhuha

Waktu Melaksanakan Sholat Dhuha

Untuk melaksanakan sholat dhuha, tentunya memiliki waktunya tersendiri. Yang mana di dalam kitab Ihya Ulumuddin waktu dhuha adalah ketika matahari sudah terbit setinggi tombak. Waktu dhuha kira-kira dimulai sejak jam 7 pagi.

Selain itu, sholat dhuha juga bisa di laksanakan pada waktu matahari bersinar penuh menghiasi kurang lebih pada seperempat langit. Tentunya dalam posisi tersebut matahari masih berada di posisi sebelah timur. Dengan begitu, waktu terbaik ketika akan melaksanakan sholat dhuha adalah mulai pukul jam 8 hingga jam 9 pagi.

Jadi, sholat dhuha tersebut tidak bisa di laksanakan kapan saja. Karena terdapat aturan waktu dalam pelaksanakan sholat sunnah tersebut. Seperti di mulai dari terbitnya matahar setinggi tombak, dan juga batas akhir dalam pelaksanaan sholat dhuha adalah saat tiba waktu zawal.

Baca Juga  Doa Setelah Wudhu Pendek Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Sedangkan yang di namakan waktu zawal adalah merupakan sebuah waktu yang di mana matahari sudah mulai tergelincir ke arah barat atau juga bisa di anggat sebelum tiba waktu tengah hari.

Syaikh Ibnu Utsaimin’ menyebutkan dalam sebuah kitab Syarh Al Arbain An Nabawiyah, bahwa batas akhir dari pelaksanakan sholat sunnah dhuha adalah sekitar 5 hingga 10 menit sebelum adzan dzuhur berkumandang.

Terkait dengan pelaksanaan sholat dhuha, terdapat hadist yang di riwayatkan oleh Imam Muslim menjelaskan Bahwa hadist tersebut yang berbunyi :

عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ رضي اللهُ عنه: أَنَّهُ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى، فَقَالَ: أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ في غَيْرِ هذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ؟ إِنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِيْنَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ (رواه مسلم)

Artinya : “Diriwayatkan dari Zaid bin Arqam radliyallahu ‘anh, sungguh ia pernah melihat segolongan orang melakukan shalat Dhuha, lalu ia berkata: ‘Tidakkah kalian tahu, bahwa shalat dalam waktu ini lebih utama? Sungguh Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Shalat kaum awwâbîn (shalat Dhuha) adalah saat kaki anak-anak unta merasakan panasnya bumi karena terik matahari’” (HR Muslim; lihat Abu Zakariya Yahya bin Syaraf an-Nawawi, Syarhun Nawawi ‘alâ Shahîh Muslim, [Bairut, Dâr Ihyâ’it Turâtsil ‘Arabi, 1292 H], juz VI: 30).

Beberapa Manfaat Bagi Orang Yang Melaksanakan Sholat Dhuha

Beberapa Manfaat Bagi Orang Yang Melaksanakan Sholat Dhuha

Ketika kita melaksanakan ibadah sholat sunnah seperti sholat dhuha, tentunya ada banyak sekali manfaat yang di dapatkannya. Apalagi Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengamalkan sholat sunnah ini. Adapun untuk manfaat yang bisa di dapatkannya adalah sebagai berikut ini.

1. Di Cukupkan Rezekinya

Untuk manfaat pertama bagi mereka yang melaksanakan sholat dhuha adalah akan di berikan dengan rezeki yang cukup oleh Allah SWT. Jadi Allah SWT akan melimpahkan rezeki kepada orang yang menjalankan ibadah sholat dhuha secara rutin.

Adapun manfaat sholat dhuha ini sudah di sebutkan langsung dalam hadist shohih yang di riwayatkan oleh Ad Darimi, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad. Adapun hadistnya yang berbunyi sebagai berikut ini :

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَا ابْنَ آدَمَ اكْفِنِى أَوَّلَ النَّهَارِ بِأَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ بِهِنَّ آخِرَ يَوْمِكَ

Artinya : “Sesungguhnya Allah berfirman: “Wahai anak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi dirimu dengan shalat itu di akhir harimu.”

2. Di Ampuni Dosa-Dosanya

Dengan melaksanakan sholat dhuha dengan istiqomah juga bisa menjadi amalan yang akan menghapus dosa-dosanya. Meskipun dosanya tersebut sebanyak buih yang ada di lautan jika kita selalu rutin menjalankan sholat dhuha, maka dosanya akan di ampuni. Dalam hal ini sudah di jelaskan dalam hadist yang artinya:

“Siapapun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)

Jadi kita sebagai umat muslim tentunya jangan melawatkan sholat sunnah ini. Karena manfaat menjalankan sholat dhuha sangat luar biasa. Bahkan jika kita mengerjakan selalu istiqomah maka akan di ampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.

3. Allah SWT Menyiapkan Istana di Surga

Untuk mengerjakan sholat dhuha yang sebenarnya tidak terlalu. Karena sholat dhuha tersebut bisa di lakukan antara 2 rakaat hingga 12 rakaat. Meskipun mengerjakan 2 rakaat ataupun 12 rakaat semuanya tetap akan mendapatkan manfaat yang sangat luarbiasa.

Apalagi jika kita mengerjakannya selalun istiqomah dan bersungguh-sunguh dan penuh dengan ketaatan serta ikhlas. Karena bagi mereka yang menunaikan dengan jumlah 12 rakaat maka Allah SWT janjikan untuknya sebuah istana di surga.

4. Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Berdoa

Yang sebenarnya untuk melakukan bedoa bisa di lakukan kapan saja, karena Allah SWT maha mendengar. Namun di dalam islam memang ada waktu yang mustajab untuk melakukan berdoa. Salah satunya adalah Doa Setelah Sholat Dhuha.

Baca Juga  Niat Sholat Jumat Lengkap, Bacaan Imam dan Makmum

Karena waktu tersebut memang merupakan waktu yang sangat mustajab. Karena Doa Setelah Sholat Dhuha ini akan langsung menembuh langit tanpa ada halangan. Sehingga doa yang kalian panjatkan akan segera terkabulkan.

Namun apabila doa yang kalian panjatkan belum segera terkabulkan juga, maka tidak boleh putus asa. Karena Allah SWT maha mengetahui di setiap hambanya. Yang tertenting kita selalu rutin melaksanakan sholat sunnah, maka suatu saat Allah SWT akan mengabulkan doanya.

5. Mendapatkan Pahala Seperti Ibadah Haji dan Umroh

Dan tentunya setiap orang ingin melaksanakan ibadah haji dan umroh ke tanah suci makkah. Akan tetapi, untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh tersebut tentunya memerlukan dengan biaya yang tidak sedikit. Dan tidak semua orang mampu melaksanakan ibadah tersebut.

Dengan begitu, bagi yang belum bisa melaksanakan ibadah haji dan umroh di tanah suci makkah untuk mengunjungi rumah Allah SWT, maka sebaiknya menunaikan ibadah shoat dhuha. Karena dengan melaksanakan sholat dhuha dengan rutin, maka akan mendapatkan pahala yang setara dengan pahalanya ibadah haji dan umroh.

6. Di jauhkan Dari Sifat Lalai

Di dalam agama islam tentunya sudah di ajarkan untuk selalu mengingat kepada Allah SWT. Agar di jauhkan dari sfat lalai. Karena sifat lalai tersebut memang selalu ada pada diri manusia. Karena setelah mendapatkan nikmat tidak ingat dengan Allah SWT.

Tentunya mereka merukan orang-orang yang merugi. Maka dari itu agar kita tidak tergolong dari orang-orang yang lalai maka menjaga sholat dhuha. Karena jika terlalu cinta pada dunia, dosa serta pertemanan dengan ahli maksiat bisa menutupi hati sehingga melalaikan Allah SWT.

7. Di masukan Ke Dalam Golongan Orang Bertaubat

Jika selalu rutin dalam melaksanakan sholat dhuha, maka Allah SWT akan masukan ke dalam orang-orang yang bertaubat. Karena selama masih di berikan kehidupan di dunia, maka masih terbuka lebar kesempatan untuk menjadi bagian dari orang-orang yang bertaubat.

Selain mengamalkan amal sholeh, hal yang membuat seorang muslim di masukkan ke dalam golongan orang bertaubat adalah melaksanakan sholat dhuha. Karena hal tersebut sudah di sampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadist Al Hakim dan Imam Muslim yang berbunyi :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ: لَا يُحَافِظُ عَلَى صَلَاةِ الضُّحَى إِلَّا أَوَّابٌ. قَالَ: وَهِيَ صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ. (رواه الحاكم وقال: هذا حديث صحيح على شرط مسلم)

Artinya : “Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: ‘Rasulullah bersabda: ‘Tidak ada yang menjaga shalat Dhuha kecuali orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat.’ Rasulullah bersabda: ‘Shalat Dhuha adalah shalat orang-orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat”. (HR al-Hakim dan Imam Muslim).

Kesimpulan

Melaksanakan ibadah sunnah memang memiliki banyak untung di bandingkan dengan ruginya. Karena apabila kita melaksanakannya maka akan mendapatkan pahala, namun apabila meninggalkannya tidak mendapkan dosa.

Dengan melaksanakan sholat dhuha, tentunya akan mendapatkan banyak manfaat yang bisa kita rasakan dalam hidup ini. Terlebih sholat dhuha tersebut di laksanakan pada waktu pagi hari, tentunya waktu tersebut merupakan waktu yang paling mudah untuk di kerjakan.

Apalagi kita melakukan Doa Setelah Sholat Dhuha, tentu akan mendapat pahala yang berlimpah, melapangkan hati, di permudahkan rezekinya, di sehatkan badanya. Dan orang tersebut akan lebih mudah di ijabah oleh Allah SWT.

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-05-30 20:47:23.