Cara Membuat CV Untuk Melamar Kerja yang Baik dan Menarik

KPP621.id – Cara Membuat CV yang baik dan benar akan menunjukkan kamu bagaimana seharusnya CV tersebut dibuat. Yang pastinya, berisikan informasi-informasi penting yang dibutuhkan oleh recruiter.

Untuk kamu yang baru saja lulus bersekolah atau kuliah, tentunya akan membutuhkan CV sebagai pelengkap melamar pekerjaan. Tidak bisa dibuat asal dan sembarangan jika CV tersebut ingin dilirik oleh HRD.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi dan penjelasan lengkap mengenai bagaimana Cara Membuat CV. Silahkan simak dibawah ini dan praktekkanlah tips-tipsnya untuk menghasilkan CV yang baik.

Tahukah Kamu Apa Itu CV (Curriculum Vintae)?

Tahukah Kamu Apa Itu CV (Curriculum Vintae)

Ketika melamar pekerjaan, tentunya kamu harus mengirimkan dokumen-dokumen wajib dan pelengkap kepada perusahaan yang baru. Yang mana dokumen tersebut akan mampu menunjukkan identitas diri dan gambaran mengenai kemampuan kamu.

Dokumen-dokumen ini termasuk ke dalam salah satu persyaratan yang wajib untuk para kandidat baru. Tujuannya bukan hanya untuk penunjuk identitas saja, tetapi juga sebagai kepentingan administrasi perusahaan.

Kamu tidak bisa sembarang mengirimkan dokumen yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini akan berdampak kepada surat lamaran pekerjaan kamu yang tidak akan dilirik oleh pihak perusahaan.

Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu bagian dari dokumen tersebut yang sangat wajib ada. Melamar pekerjaan apapun, dokumen CV ini pasti selalu masuk ke dalam persyaratan dokumen yang wajib.

Dengan adanya CV, pihak recruiter akan jauh lebih mudah membaca gambaran diri kamu. Karena di dalamnya, terdapat informasi-informasi lengkap mulai dari pendidikan, pengalaman, minat kerja, dan sebagainya.

Untuk membuat CV yang baik, kamu perlu mengetahui beberapa tips dan trik Cara Membuat CV yang akan kami bahas. Cara-cara ini akan lebih memudahkan kamu dalam memilih dan memuat informasi-informasi penting di dalamnya.

Sebab, dokumen yang satu ini memang agak menjebak. Kalau ingin lebih dilirik oleh para recruiter, kamu perlu membuat CV sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan oleh perusahaan.

Jadi, ketika melamar posisi pekerjaan yang berbeda-beda, kamu juga perlu mengedit CV tersebut agar sesuai dengan kualifikasi. Namun memang, cara tersebut jauh lebih ribet karena harus mengedit terus-menerus tiap melamar posisi yang berbeda.

Oleh karena itulah, kamu harus bersungguh-sungguh ketika membuat CV kamu nantinya. Agar CV tersebut terlihat universal dan dapat digunakan untuk posisi manapun.

Cara Membuat CV yang akan kami bahas ini memiliki tujuan untuk memudahkan kamu para pembaca, terlebih untuk fresh graduate. Yang belum memiliki gambaran sama sekali bagaimana Cara Membuat CVnya agar terlihat menarik.

Informasi Yang Harus Dimuat Dalam Cara Membuat CV yang Baik dna Benar

Informasi Yang Harus Dimuat Dalam Cara Membuat CV yang Baik dna Benar

Seperti yang sudah kami katakan diatas, bahwa CV adalah dokumen yang sangat wajib ketika kamu melamar pekerjaan. Yang mana memiliki peran penting untuk menggambarkan riwayat hidup kamu.

Baca Juga  Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benar

CV ini juga akan menentukan bagaimana kesan kamu ketika pertama kali dilihat oleh recruiter. Recruiter dapat dengan mudah membaca potensi kamu hanya dari CV saja.

Berikut ini adalah beberapa informasi-informasi yang wajib kamu tuliskan dalam membuat CV. Tips pertama dari Cara Membuat CV adalah menuliskan informasi-informasi dibawah ini dengan benar.

Pastikan juga untuk menuliskannya secara singkat dan jelas, jangan bertele-tele. Karena hal tersebut hanya akan membuat recruiter merasa malas membacanya karena informasi yang diberikan tidak jelas.

1. Informasi Diri

Informasi pertama dalam Cara Membuat CV yang harus kamu tuliskan adalah informasi diri. Yang mana memuat kontak, nama lengkap, minat kerja, tujuan karir, dan sebagainya.

Agar lebih mempersingkat isi dalam CV, pada bagian ini, kamu dapat menuliskan kontak, nama, dan minat kerja. Yang paling penting adalah HRD mengetahui dalam bidang dan posisi apa minat kamu dalam bekerja.

Apakah masih relate dan berkaitan dengan posisi yang kamu lamar atau tidak. Karena kalau kamu tidak menuliskan minat kerja yang sesuai dengan posisi yang dilamar, akan menjadi terasa kurang lengkap di mata HRD.

Bukan hanya sebatas itu saja, kamu juga dapat menuliskan deskripsi diri singkat dan sejelas mungkin. Tuliskanlah minat kerja dan tujuan karir kamu dalam deskripsi diri tersebut.

Tambahkanlah pengalaman kerja kamu secara singkat dalam deskripsi diri, yang tentunya masih berkaitan dengan posisi yang dilamar. Untuk lebih meyakinkan HRD bahwa kamu adalah salah satu kandidat yang patut untuk dipertimbangkan.

2. Pengalaman Yang Dimiliki

Pengalaman adalah salah satu hal yang paling dicari oleh setiap perusahaan ketika merekrut kandidat baru. Yang mana dengan posisi yang sama, kandidat tersebut sudah memiliki gambaran dan bayangan mengenai jobdesknya.

Sehingga, akan lebih mudah terpercaya jika menerima kandidat yang sudah memiliki pengalaman yang sama. Tentunya hal tersebut akan memudahkan perusahaan dalam menjelaskan hal apa yang akan menjadi tanggung jawabnya.

Salah satu Cara Membuat CV yang baik adalah dengan menuliskan informasi pengalaman yang berkaitan. Tetapi, jikalau kamu tidak memiliki pengalaman dalam posisi yang kamu lamar, namun ternyata kamu memang berminat untuk mencobanya. Silahkan kamu jelaskan saja pengalaman apa yang kamu miliki.

Selain itu, jika kamu juga melakukan internship atau magang pada saat sedang berkuliah/sekolah, pengalaman tersebut juga dapat kamu tuliskan. Akan lebih baik, kalau kamu melakukan internship pada posisi yang sama yang ingin dilamar.

Untuk kamu yang sebelumnya sudah bekerja di perusahaan dan ingin melamar pekerjaan baru, silahkan tuliskan pengalaman pada perusahaan sebelumnya. Pastikan untuk menuliskan pengalaman tersebut secara rinci dan jelas.

Yaitu dengan menuliskan nama perusahaan, jabatan, durasi bekerja, dan juga jobdesk yang dilakukan selama bekerja di perusahaan tersebut. Gunakanlah format numbering ketika menjelaskan jobdesk pada posisi sebelumnya.

Hal ini akan membantu memudahkan recruiter dalam mengetahui apa saja yang menjadi tanggung jawab kamu sebelumnya. Tentu saja format numbering ini juga akan memudahkan recruiter akan jobdesk yang satu dengan yang lainnya.

Baca Juga  Marketing Communication Pengertian dan Strategi Penerapannya

3. Keterampilan Dan Skill

Selanjutnya Cara Membuat CV adalah menuliskan informasi keterampilan/skill yang kamu miliki, yang mana tentunya berkaitan dengan posisi yang dilamar. Memiliki skill dan keterampilan yang berkaitan akan membuat potensi kamu semakin terlihat oleh pihak HRD.

Terlebih lagi, jika skill yang kamu miliki adalah skill yang paling dibutuhkan dalam posisi tersebut. Sudah pasti, pihak HRD akan mempertimbangkan kamu untuk masuk ke tahapan proses selanjutnya.

Tuliskanlah dengan jelas dan rinci mengenai skill dan keterampilan apa yang kamu miliki. Jika kamu memiliki skill diluar dari posisi yang dilamar, maka tidak apa-apa dan tuliskan saja.

Semakin banyak skill yang dimiliki, maka HRD akan semakin menilai kamu sebagai kandidat dengan potensi besar. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa HRD akan menerima kamu nantinya sebagai karyawan mereka.

Itulah mengapa pentingnya mengasah dan memperbanyak skill selagi memiliki waktu kosong. Hal ini akan berguna ketika terdapat lowongan pekerjaan yang berkaitan, atau hanya untuk sekedar menambah wawasan dan jam terbang saja.

Jika kamu memiliki minat kerja dan tujuan karir yang jelas terhadap suatu posisi atau jabatan, maka perbanyaklah skill yang bersangkutan. Kamu dapat mengikuti kelas-kelas online, webinar, training, dan sebagainya.

Namun yang pasti, kamu harus menuliskan skill dan keterampilan yang sesuai dengan realitanya. Hindari menuliskan skill yang belum sepenuhnya kamu kuasai, atau bahkan tidak kamu kuasai sama sekali.

4. Riwayat Pendidikan

Masih banyak dari kamu yang masih terlalu memberikan banyak informasi pada bagian riwayat pendidikan ini. Yang mana biasanya, kamu pasti menuliskan riwayat pendidikan mulai dari SD atau TK.

Sebenarnya, pihak HRD tidak terlalu membutuhkan informasi riwayat pendidikan yang sangat jauh tersebut. Kamu hanya cukup menuliskan riwayat pendidikan terakhir yang kamu lakukan.

Baik itu SMP, SMK, SMA, atau kuliah sekalipun. Tuliskanlah jenjang pendidikan terakhir kamu saja, jangan menuliskan dari awal kamu bersekolah.

Setelah membaca dari berbagai macam sumber, ternyata yang dibutuhkan pihak HRD hanyalah pendidikan terakhir. Yang menunjukkan sejauh mana riwayat pendidikan yang telah kamu lakukan, Cara Membuat CV yang satu ini memang cukup masuk akal.

Tipsnya, lamarlah posisi pekerjaan yang sesuai dengan minat dan jurusan pada saat kamu bersekolah. Hal ini akan lebih mudah bagi HRD untuk melihat adanya konsisten dan ketertarikan mendalam terhadap suatu bidang.

Tips dan Trik Cara Membuat CV Untuk Melamar Kerja

Tips dan Trik Cara Membuat CV Untuk Melamar Kerja

Setelah mengetahui semua pembahasan diatas, mari langsung saja masuk ke dalam pembahasan utama kali ini. Yaitu bagaimana Cara Membuat CV yang baik dan benar.

Terdapat beberapa tips dan trik yang dapat kami sampaikan dalam Cara Membuat CV agar terlihat menarik. Silahkan ikuti beberapa tips ini jika dirasa tips dan trik yang kami berikan dapat berguna untuk kamu.

  • Gunakanlah bahasa yang jelas, ringkas, dan mudah dimengerti. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu baku dan terlalu gaul. Usahakan untuk menggunakan bahasa formal tetapi tidak terlalu informal.
  • Sertakan foto diri profesional dengan berlatar belakang warna sesuai ketentuan. Jika tidak ada ketentuan, maka usahakan tampilkan foto dengan gaya formal.
  • Sertakan prestasi dan capaian yang telah kamu dapatkan pada perusahaan sebelumnya. Hal ini akan memberikan nilai plus bagi pihak perusahaan.
  • Hindari kata-kata yang kurang relevan seperti pekerja keras, atau mudah beradaptasi. Sertakanlah keterampilan dan pengalaman yang lebih baik untuk menunjukkan hal tersebut.
  • Tuliskanlah kemampuan sesuai dengan yang kamu miliki. Jangan melebihkan dan percaya diri lah terhadap kemampuan tersebut.
Baca Juga  Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik dan Benar

Selain itu, terdapat beberapa Cara Membuat CV yang dapat kamu lakukan untuk membuat Curriculum Vitae kamu semakin menarik. Simak dibawah ini, dan cobalah untuk temukan Cara Membuat CV paling mudah sesuai dengan kemampuan kamu.

  1. Cara Membuat CV menggunakan media aplikasi online, yaitu dengan memanfaatkan template-template menarik di dalamnya. Sesuaikan isi dalam template CV yang ada dengan informasi kamu.
  2. Menggunakan media website online, sama dengan aplikasi online, kamu bisa memanfaatkan banyaknya template yang tersedia. Pastikan memilih template yang simple, namun tetap elegan dan menarik.
  3. Media layanan jasa online, walaupun berbayar, pilihan ini cukup menjanjikan untuk kamu yang tidak ingin ribet.
  4. Desain manual, yaitu dengan membuat template dan layout sesuai dengan keinginan kamu. Yang mana kamu membuat template dan layoutnya dari awal, bukan menggunakan template yang sudah ada.
  5. Meminta bantuan teman yang bisa membantu kamu membuatkan template dan layout CV.

FAQ About Cara Membuat CV

Format Apakah Yang Harus Digunakan Dalam CV?

Cara Membuat CV yang baik terdapat 2 format yang dapat kamu ikuti. Yaitu format kronologis dan juga fungsional. Kronologis adalah format yang berdasarkan dengan waktu.

Sedangkan format fungsional adalah format yang berdasarkan dengan keterampilan. Kamu dapat menggunakan salah satu dari kedua format tersebut, atau menggunakan keduanya secara bersamaan.

Apakah Wajib Menyertakan Foto?

Hal ini dapat tergantung dari kualifikasi dan persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan. Beberapa perusahaan memang mewajibkan kandidatnya untuk menyertakan foto dalam CV.

Namun, beberapa perusahaan lain juga ada yang tidak mewajibkan foto dalam CV. Sehingga penggunaan foto ini dapat kamu sesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh perusahaan tempat kamu melamar.

Apakah Menggunakan Template Lain Cukup Berhasil?

Tentu saja, asalkan kamu dapat memilih template-template tersebut yang sesuai. Sesuai maksudnya adalah yang tepat untuk dapat menempatkan informasi-informasi kamu dengan jelas.

Sehingga, kamu tidak perlu lagi mendesain secara manual layout dan templatenya. Menggunakan yang sudah tersedia pun, tetap akan berhasil asal kamu dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Cara Membuat CV yang baik dan benar. Semoga artikel Cara Membuat CV ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kamu para pembaca!.

Baca juga beberapa informasi artikel lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-04-29 14:41:14.