5 Cara Membuat Google Form yang Menarik di HP dan Laptop

KPP621.id – Tidak tahu tentang cara membuat google form? Bila iya silahkan simak saja dulu artikel yang kali ini, karena kami akan mengulas tuntas mengenai cara membuatnya. Bukan hanya itu, kami juga akan membahas lebih detail tenang google form tersebut.

Untuk kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat google form. Namun sebelum ke pembahasan intinya kalian harus ketahui terlebih dahulu jika google form itu adalah sebuah fitur yang ditawarkan oleh pihak google.

Dipergunakan untuk membuat, mengiri, mengedit, menerima respon seperti halnya sebuah formulir. Fitur ini juga telah ditawarkan secara gratis, pada awal mulanya cara membuat google form ini dikhusukan untuk disebar dan kemudian di isi  oleh respondennya.

Faktor adanya hal tersebut, disebabkan karena pada masa yang sekarang dunia tehnologi cukup berkembang sangat pesat. Sehingga banyak kreativitas yang melebih batas normalnya, oleh karena itu segala aktivitas pun kini bisa dilakukan Cuma lewat smartphone atau computer saja.

Maka dari itu kami sekarang akan mengulas tentang cara membuat google form, pasalnya fitur yang ditawarkan oleh google tersebut sangat lah penting. Bisa berguna untuk melakukan survey ataupun google form tersebut juga sering kali dipergunakan untuk mengumpulkan berbagai data.

Sering kali juga dipergunakan untuk mengumpulkan pendaftaran, data jawaban ujian sekolah, ataupun sebagainya. Lantas, bagaimana cara membuat google form tersebut? Nah untuk cara-cara membuatnya silahkan kalian tetap disini saja dan jangan pindah ke situs lainnya.

Pasalnya disini kalian akan menemukan cara membuat, fungsi dari google form dan lain-lainnya. Dan untuk selengkapnya kalian bisa tetap pantau terus dan simak terus ulasannya mulai dari sekarang sampai dengan akhir pembahasan artikelanya.

Manfaat Dari Google Form

Manfaat Dari Google Form

Sebelum kalian mengulas dan menyimak tentang bagaimana cara membuat google form, namun sebelumnya kalian harus tahu terlebih dahulu apa saja manfaat dari google form itu sendiri. Pada saat kalian masuk kehalaman utamanya yakni halaman dashboard maka kalian akan menemukan berbagai fitur canggih.

Berbagai fitur itu salah satunya yakni menyediakan berbagai template yang disarankan untuk kalian yang bisa digunakan untuk membuat formulir. Siapa sangka, manfaat dari google form  hanya itu saja, padahal ada beberapa manfaat lainnya dan kalian bisa langsung simak saja ulasannya dibawah ini.

1. Berguna untuk kuesioner

Manfaat pertama yang ditawarkan oleh google untuk para penggunanya yakni berguna untuk kuesioner. Dengan artian kuesioner tersebut bisa berbagai macamnya seperti halnya membuat kritikan, saran, pertanyaan, evaluasi, dan juga bisa berguna untuk pendataan hasil penelitian ilmiah.

2. Formulir pendaftaran Kerja

Berikutnya bisa dimanfaatkan untuk formulir pendaftaran kerja, kalian bisa menggunakan google form ini untuk memberikan berbagai pertanyaan kepada calon pendaftar kerja atau calon karyawan. Selain itu kalian juga harus memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu tanpa harus menggunakan format sejenis google docs.

Baca Juga  Contoh Mind Mapping Aesthetic dan Cara Membuat yang Menarik

3. Formulir Pendaftaran Lomba

Selanjutnya kalian bisa menggunakan google form untuk mengumpulan berbagai formulir pendaftaran seperti halnya formulis pendaftaran peserta lomba. Cukup menggunakan “File Upload” kalian akan bisa langsung mengumpulkan file yang diperlukan atau dibutuhkan.

4. Formulir Jawaban Ujian

Setelah itu, kalian juga bisa mengumpulan data dari berbagai jawaban ujian sekolah yang di berikan oleh peserta ujian tersebut. Jadi kalian sudah tidak perlu melakukan pemeriksaan hasil ujian secara manual, karena formulir jawaban ujian tersebut sudah diperiksa secara otomatis oleh google form itu sendiri.

5. Formulir Pendataan

Kemudian manfaat dari google form lainnya yakni bisa dipergunakan untuk mengumpulkan formulir pendataan. Hal ini dilakukan agar bisa mengoleksi berbagai pendataan seperti mengoleksi pendataan email yang berguna untuk pemasaran atau informasi lainnya.

6. Formulir Isian Reservasi Event

Cukup membagikan link yang berisi sebuah formulir yang ditunjukan kepada peserta untuk mengisi data yang dibutuhkan. Tidak perlu lagi yang namanya mengirimkan format manual, bahkan secara otomatis juga akan diberikan sebuah informasi yang diperlukan dari google form.

7. Formulir Pembelian Barang

Manfaat lainnya yang bisa kalian nikmati jika mempunyai google form yakni bisa dipergunakan untuk mencatat pendataan kostumer yang membeli barang atau produk yang kalian tawarkan. Namun manfaat ini berguna bila kalian menawarkan produk tersebut pada sebuah platform belanja online.

Karena pasalnya jika ada kostumer yang membeli barang atau produk yang ditawarkan oleh kalian, maka data itu akan secara otomatis tersimpan di database kalian. Nah bila kalian ingin mengetahui cara membuat google form tersebut maka simak saja ulasannya sampai selesai.

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Nah sekarang tiba saatnya kami akan memberikan kalian beberapa metode atau cara membuat google form. Ada 3 cara yang bisa kalian gunakan untuk membuat google form tersebut dan diantaranya yakni membuat lewat google drive, lewat gmail dan juga lewat link browser atau link google.

Langsung saja bila kalian sudah tidak sabar ingin melihat dan menyimak berbagai metode dan caranya tersebut. Maka kami persilahkan kalian untuk simak dan pahami telebih dahulu ulasannya sebelum kalian melakukan pembuatan google form tersebut dan adapun cara membuat google form yakni sebagai berikut.

1. Via Google Drive

Sebelum kalian membuat google form tersebut, terlebih dahulu kalian pastikan sudah memiliki akun google atau google accounts. Namun bila kalian belum memilikinya, maka kami persilahkan untuk mendaftar atau register dulu dan membuatnya pun secara gratis.

  • Buka aplikasi “Google Drive”
  • Lalu kemudian pilih menu “New” (Ada disebelah kiri atas)
  • Setelah itu kalian akan ditawarkan beberapa opsi pilihan
  • Jika muncul beberapa pilihan itu maka kalian pilihlah layanan google “Google Forms”
  • Dan cara selanjutnya sudah kami berikan secara lengkap dibawah

2. Via Gmail

Jika kalian ingin menggunakan gmail ini untuk membuat google form tersebut, maka kami persilahkan kalian untuk mengulas beberapa cara dibawah. Langsung saja tanpa perlu banyak basa-basi lagi ini dia cara membuat google form via gmail.

  • Masuk keaplikasi “Gmail”
  • LOGIN menggunakan akun gmail kalian (bila belum punya maka buatlah terlebih dahulu)
  • Bila sudah login maka kalian akan langsung melihat tampilan awal atau halaman utama gmail
  • Nah kalian langsung saja pilih menu “Aplikasi google” atau “Google apps” (ada di pojok kanan atas) atau klik aja icon 6 titik disamping menu pengaturan
  • Beriktunya kalian akan diberikan beberapa pilihan dan silahkan cari menu “Google Forms”
  • Bila masih belum ketemu saja “google form” tersebut maka gunakan lah fitur pencarian keyword atau kata kunci dan masukan lah kata kunci “google form”
  • Apabila sudah ketemu maka buka dan kalian akan diberikan beberapa pilihan lagi
  • Selanjutnya pilihlah menu “New Formulir” atau “Formulir Baru” atau pilih “Blank / Kosong”
  • Sama seperti sebelumnya, cara selanjutnya sudah kami ringkas di bawah
Baca Juga  Cara Membuat CV Untuk Melamar Kerja yang Baik dan Menarik

3. Via Web Browser (Link Google)

Lewat Web Browser atau link google juga bisa digunakan untuk membuat google form, namun jika lewat web browser maka dapat diartikan harus memiliki linknya terlebih dahulu. Atau bisa juga ketik kata kunci “Google Form” atau gunakan link ini Google Form dan mengenai caranya yakni dibawah ini.

  • Buka web browser (google atau crome atau lain sebagainya)
  • Masukan kata kunci “Google Form”
  • Jika diperlukan LOGIN maka silahkan gunakan akun yang sudah terdaftar
  • Bila sudah masuk kehalaman awal maka pilihlah “formulir kosong atau blank”
  • Selain itu kalian juga bisa gunakan “Template yang ada”
  • Selanjutnya kalian akan diarahkah langsung ke halaman editor untuk menyesuaikan formulir
  • Untuk cara selengkapnya silahkan simak dibawah

Nah setelah kalian sudah menentukan ingin menggunakan metode atau cara yang mana, maka selanjutnya seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Kalian setelah melakukan cara diatas, selanjutnya kalian harus ikuti cara berikunya yang sudah kami jelaskan sedemikan rupa dibawah ini.

Cara membuat google form berikutnya merupakan cara untuk menyesuaikan formulir dengan yang dibutuhkan oleh editornya. Namun cara yang akan kami bagikan ini adalah cara untuk menambahkan pertanyaan dan membuat google form yang lebih baik.

  • Sesuaikan tujuan kalian ingin membuat google form seperti halnya membuat pendataan polling objek wisata ataupun yang lainnya
  • Jika sudah ditentukan maka tuliskan judul formulir dan beserta deskipsinya yang sesuai dengan tujuan kalian
  • Kemudian silahkan kalian untuk mengajukan beberapa daftar pertanyaan
  • Jangan lupa berikan jenis jawaban atas pertanyaan tersebut, dan ada beberapa jenis jawaban yang bisa kalian pilih seperti jawaban pilihan ganda, penjang, pendek, checkbox, tanggal, waktu, unggah file, dan lain sebagainya
  • Nanti pertanyaan dan jawaban itu biar responden yang mengisinya
  • Kalian juga bisa menambahkan beberapa pertanyaan tambahan seperti Nama, umur, pilihan layanan, jadwal, opsi pilihan lainnya yang tidak dipertanyakan pada pertanyaan sebelumnya dan lain sebagainya
  • Jika memang bila ingin mengajukan pertanyaan tambahan maka silahkan pilih icon “+” (ada di sebelah kanan)
  • Lalu kalian bisa tentukan apakah pertanyaannya wajib dijawab atau tidak
  • Tidak hanya itu, kalian bisa menambahkan gambar juga (hanya opsional saja) yakni dengan cara klik icon “Gambar atau picture”
  • Apabila kalian ingin menentukan jawabannya harus dengan pilihan ganda atau checkbox, maka silahkan klik ADD “Other”
  • Lalu kalian harus menambahkan pilihan dengan bebas yang diisi sendiri atau pembuat formulirnya
  • Ada beberapa jenis jawaban lain yang bisa kalian gunakan untuk pengisian formulir, seperti halnya skala linear (sering digunakan untuk kuesioner) atau unggal file (digunakan untuk data berupa konten visual, audio, atau video)
  • Selesai
Baca Juga  Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online & Tak Perlu Antre Lagi

Apabila kalian sudah berhasil membuat google form dengan menggunakan cara membuat google form diatas. Maka selanjutnya kalian juga bisa membagikan formulir google form tersebut kepada semua media social kalian atau juga bisa dengan lainnya.

Cara Men-share atau Membagikan Google Form

Cara Men-share atau Membagikan Google Form

Setelah kalian berhasil membuat google form dengan mengikuti cara yang sudah kami bagikan diatas. Selanjutnya ada hal yang harus kalian lakukan lagi yakni membagikan atau share hasil akhir formulir tersebut. Bisa membagikan lewat beberapa media seperti google drive, email ataupun lainnya dan caranya yakni sebagai berikut.

1. Share Lewat Email

Bila kalian membuat google form lewat email, maka kalian bisa ikuti cara dibawah ini untuk membagikan hasil kuesioner yang kalian buat itu. Dan langsung saja karena ada cara selanjutnya yang harus dibawah, kami tidak akan menjelaskan panjang lebar lagi dan adapun cara membagikannya yakni sebagai berikut.

  • Pastikan Google fromnya sudah sesuai dengan yang diinginkan
  • Jika sudah selesai maka pilih menu “Send” yang ada di pojok kanan atas
  • Lalu kalian akan ditawarkan pilihan media untuk membagikan formulir “Send Via”
  • Jika ingin membagikan lewat email maka pilihlah yang bergambar surat
  • Bila ingin membagikan dalam bentuk link atau tautan maka pilihlan icon yang seperti rantai
  • Selesai

2. Share Lewat Embed > Website atau Situs

Jika ingin membagikan hasil google form tersebut lewat embed atau situs website, maka kalian harus memiliki website pribadi terlebih dahulu. Karena pada dasarnya harus login ke dashboard wordpress yang dimiliki, dan langsung saja ini dia cara sharenya.

  • Pertama klik opsi pilihan “Send”
  • Jika ada menu “Send Via” maka pilihlan yang paling kanan yang iconya “< >”
  • Nah kalian juga bisa menyesuaikan ukuran dalam piksel
  • Jika sudah sesuai semuanya maka silahkan “Copy atau Salin Link”
  • Login ke halaman WordPress Website yang dimiliki
  • Selanjutnya pilih menu “Appearance”
  • Lalu pilih “Widgets”
  • Berikutnya pilih “Custom HTML”
  • Setelah itu pilih dimana kalian ingin meletakan formulir tersebut dan tekan “Add Widget”
  • Masukan judul pada kolom “Tittle”
  • Tempel atau paste link tautan yang sudah kalian disalin ke kolom HTML
  • Apabila sudah selesai maka tap “Save atau Simpan”
  • Selesai

Cara Cek Hasil Survei Jawaban Dari Para Responden

Usai membagikan google form ke berbagai media seperti gmail ataupun website, berikutnya kalian bisa melihat siapa saja yang mengisi formulir yang kalian bagikan tersebut. Dan langsung saja untuk cara cek hasil survey jawaban dari pada respondennya yakni sebagai berikut.

  • Buka halaman “Google Form”
  • Lalu pilih menu “Responses”
  • Nanti hasilnya responnya bisa dilihat dalam bentuk ringkasan atau summary, pertanyaan dan juga bisa diliht dari respon individual
  • Nah kalian bisa gunakan bentuk responnya sesuai yang dinginkan
  • Selesai

Kami sudahi sampai disini saja informasi yang dapat kami berikan, kurang dan lebihnya kami mohon maaf. Bila ada salah kata dan salah dalam menjelaskan informasinya kami minta maaf, dan akhir kata semoga informasinya dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian, sekian dan terimakasih.

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-05-04 19:47:00.