Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Baik Online Maupun Offline

KPP621.id – Kabar baik bagi para peserta BPJS Kesehatan, kini semua peserta bisa pindah faskes dengan mudah dan begini Cara Pindah Faskes BPJS tersebut. Bagi kalian yang ingin berpindah faskes BPJS, maka kalian bisa ikuti saja pembahasan yang sekarang ini.

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial tersebut merupakan sebuah fasilitas yang diwajibkan untuk semua masyarakat. Berguna untuk menjamin kesehatan bagi para pesertanya, dan bagi kalian yang belum mendaftarnya maka silahkan klik link ini cara daftar BPJS Kesehatan.

Sedangkan Faskes itu sendiri merupakan singkatan dari fasilitas kesehatan yang sudah ditentukan pada saat mendaftar untuk menjadi peserta BPJS. Dapat diartikan, faskes tersebut adalah fasilitas kesehatan yang dijadikan tempat berobat bagi para pesertanya.

Wajib kalian ketahui, faskes itu memiliki tiga kelas yang setiap kelasnya memiliki fungi dan kegunaan berbeda-beda. Faskes kelas 1 itu merupakan kelas untuk puskesmas, praktik doctor, klinik, dan rumah sakit. Maka dari itu faskes kelas 1 itu diwajibkan untuk semua orang.

Nah apabila ketika kalian berobat namun faskesnya tidak sesuai dengan kelasnya yang sudah ditentukannya, maka penggunaan BPJS itu tidak berlaku. Oleh karena itu bagi kalian yang ingin mengetahui Cara Pindah Faskes BPJS tersebut, maka simak lah ulasan ini sampai dengan akhir.

Bukan hanya menjelaskan tentang Cara Pindah Faskes BPJS saja, namun juga kami akan membagikan syarat ketentuan yang berlaku untuk melakukan hal seperti itu. Nah berikutnya juga kami akan menyarankan kalian untuk menentukan pilihan faskes yang sesuai dengan pesertanya.

Namun sebelumnya wajib diketahui terlebih dahulu untuk para peserta, jika untuk pindah faskes BPJS kesehatan itu minimal sudah menjadi peserta BPJS selama 3 Bulan. Jadi jika kurang dari 3 bulan, maka pesertanya itu akan dikenakan sebuah ketentuan khusus.

Jadi langsung saja bila kalian ingin melihat selengkapnya tentang Cara Pindah Faskes BPJS dan lain-lainnya. Maka kami persilahkan kalian tetap disini untuk menyimak pembahasannya agar kalian mengetahui lebih jelas tentang cara, syarat dll.

Syarat Ketentuan Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Syarat Ketentuan Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Seperti yang sudah kami tuliskan dipembahasan sebelumnya, untuk melakukan pemindahan faskes BPJS itu memiliki 2 metode. 2 metode ini diantaranya yakni, untuk peserta yang sudah mendaftar selama 3 bulan lebih dan untuk peserta yang belum 3 bulan menjadi peserta.

Biasanya alasan untuk pindah faskes kesehatan itu ada berbagai alasannya seperti contohnya karena pemindahan tempat kerja atau penugasan dinas di wilayah lain. Jadi itulah yang bisa membuat kebanyakan orang ingin pindah faskes.

Baca Juga  Cara Kompres Foto di Laptop dan HP Secara Online Praktis

Dalam artian, jika belum 3 bulan menjadi peserta lalu ingin pindah faskes, maka itu dapat menambah ketentuan khusus seperti surat keterangan domisili ataupun lainnya. Jadi jika kalian sudah tidak sabar mengenai syarat dan ketentuannya maka simak saja dibawah ini sekarang.

1. Syarat Bagi Yang Sudah Menjadi Peserta Lebih Dari 3 Bulan

Untuk syarat bagi yang sudah menjadi peserta selama lebih dari 3 bulan itu persayaratannya sangat lah mudah dan sedikit. Berbeda sama yang belum 3 bulan, langsung saja kalian bisa lengkapi persayaratannya jika ingin melakukan pindah faskes.

  • Kartu JKN-KIS atau BPJS asli seluruh anggota peserta yang akan diubah faskesnya
  • Kartu Keluarga (KK)

2. Syarat Bagi Yang Kurang Dari 3 Bulan Menjadi Peserta BPJS

Selanjutnya ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang ingin mengubah fasilitas kesehatan atau faskes namun kurang dari 3 Bulan menjadi peserta. Untuk selengkapnya silahkan simak saja ulasan berikut ini.

  • Kartu JKN-KIS atau BPJS asli peserta yang ingin diubah faskesnya
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Keterangan Domisili / Surat Pindah Tugas / Surat Keterangan Kuliah

Pemindahan bagi peserta yang kurang lebih dari 3 bulan pada kelas pertama atau 1. Peserta yang bisa melakukan pemindahan faskes yang kurang lebih dari 3 bulan itu sebenarnya berlaku untuk yang sebelumnya dengan kondisi sebagai berikut.

  • Peserta pindah domisili
  • Peserta yang sedang penugasan dinas atau pelantihan tertentu (Dibuktikan dengan lampiran surat keterangan penugasan atau pelatihan)
  • Selain itu juga disebabkan karena proses redistribusi juga dapat (pemindahan peserta yang belum merata)
  • Bagi peserta yang ingin kembali terdaftar pada faskes kelas pertama yang sebelumnya
  • Pergantian faskes kelas 1 mulai dari sejak tanggal 1 di bulan selanjutnya

Nah hanya itu saja beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi para peserta yang ingin pindah faskes BPJS Kesehatan. Silahkan bagi kalian yang sudah menjadi peserta lebih dari 3 bulan maka lengkapi saja syarat yang pertama, lalu bila bagi peserta yang kurang dari 3 bulan maka lengkapi persyaratan yang kedua.

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Baik Lewat Online Maupun Offline

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Baik Lewat Online Maupun Offline

Nah ini dia pembahasan yang pastinya ditunggu-tunggu oleh para peserta BPJS yang ingin pindah faskes. Pada kesempatan kali ini akan memberikan kalian langsung bagaimana Cara Pindah Faskes BPJS baik online maupun offline (datang langsung).

Tidak hanya mendaftar BPJS  saja yang bisa dilakukan dengan online, namun Cara Pindah Faskes BPJS juga bisa dilakukan dengan online. Yang artinya cukup dengan menggunakan smartphone ataupun perangkat pintar lainnya, kalian sudah bisa melakukan pemindahan faskes.

Bagi kalian yang melakukan secara online, maka kalian tidak perlu datang langsung kedalam kantor BPJS lagi. Cukup download aplikasinya yakni aplikasi JKN Mobile, kalian bisa langsung memindahkan faskes BPJS kalian sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga  Cara Pembayaran Paspor Online atau Offline Mudah dan Lengkap

Aplikasi JKN atau (Jaminan Kesehatan Nasional) tersebut memiliki fitur untuk mendaftar dan juga pindah faskes BPJS. Lantas bagaimana caranya, nah untuk caranya bisa kalian lihat dibawah ini karena dibawah ini kami akan mengulas secara tuntas bagaimana Cara Pindah Faskes BPJS secara online dan offline.

1. Cara Pindah Faskes BPJS Online

Untuk cara pertama yang bisa kalian gunakan untuk memindahkan faskes BPJS yakni cara online. Cara ini cukup download aplikasi resminya yakni JKN Mobile didalam playstore atau app store, dan mengenai caranya yakni sebagai berikut.

  • Download aplikasi JKN
  • Kemudian klik “Pendaftaran Pengguna Mobile”
  • Selanjutnya masukan nomor kartu JKN KIS atau BPJS kalian
  • Setelah itu masukan data kalian seperti Nomor NIK, KTP, dan Alamat Email
  • Nah selanjutnya untuk bisa masuk kehalaman awal, kalian cukup klik nomor aktivasi yang akan dikirim ke alamat email
  • Berikutnya setelah berhasil melakukan aktivasi maka kalian akan diarahkan kehalaman utama aplikasinya
  • Lalu pilih fitur menu “Ubah Data Peserta”
  • Silahkan pilih nama yang akan dipindah faskes BPJSnya
  • Apabila keluar jendela pop up yang bertuliskan “Ubah Failitas Kesehatan Pertama” maka segera lah isi data faskes pengganti
  • Setelah itu, tentukan provinsi, kabupaten, yang sesuai dengan fakses wilayah yang ditempati
  • Kemudian kalian akan disuruh memasukan kode verifiasi yang akan dikirim lewat email yang tertera
  • Segeralah masukan kode verifikasi tersebut, jika sudah melakukan verifikasi maka akan muncul beberapa pesan
  • Tinggal tunggu saja hingga notifikasi perubahan datanya “berhasil diubah”

Sebelum itu, cara diatas hanya berlaku untuk peserta yang sudah lebih dari 3 bulan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Melainkan cara diatas tidak akan bisa atau tidak akan berlaku bagi peserta yang kurang dari 3 bulan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

2. Cara Pindah Faskes BPJS Offline

Tidak hanya bisa dilakukan dengan online, namun Cara Pindah Faskes BPJS itu juga bisa dilakukan secara offline atau langsung datangi kantornya. Untuk melakukan cara yang kedua ini, kami sarankan kalian datangi saja langsung kantor cabang BPJS terdekat.

Bagi peserta yang bingung mengenai Cara Pindah Faskes BPJS secara online, maka kalian bisa gunakan saja cara offline. Karena biasanya jika langsung datang ke kantornya, maka pesertanya akan diarahkan langsung oleh petugasnya dan hanya Cuma disuruh untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkannya saja.

Cukup lengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pindah faskes tersebut dan kemudian datangi saja langsung kantor cabang terdekat. Dan bila kalian ingin mengetahui tahap-tahapannya, maka kami persilahkan simak saja tahap-tahapannya dibawah ini.

  • Bawa dokumen penting yang menjadi persyaratan pindah faskes seperti (KTP, KK, kartu JKN-KIS)
  • Pergi ke kantor cabang terdekat dan ambil antrean loket pelayanan
  • Isi lah beberapa data pada formulir yang disediakan
  • Setelah itu pastikan terlebih dahulu formulir sudah sesuai dengan data, jangan sampai keliru dan jangan sampai salah
  • Kemudian sesuaikan faskes yang diinginkan
  • Tinggal tunggu saja hingga petugas memberi tahu bahwa data perubahannya sudah berhasil
  • Selesai
Baca Juga  Cara Buat NPWP Online Beserta Syarat & Cara Ceknya (Lengkap)

Dapat dipastikan jika kalian menggunakan cara yang kedua ini yakni Cara Pindah Faskes BPJS secara offline, maka kalian harus mengantre terlebih dahulu. Bisa jadi proses perubahannya akan lama jika ada banyak orang yang ingin mendaftar atau hal lainnya.

Namun sebenarnya ada cara lain yang bisa mengubah faskes tersebut, namun cara ini tidak banyak yang mengetahuinya. Dan caranya juga bisa dikatakan lumayan sulit dilakukan dan mengenai Cara Pindah Faskes BPJS lainnya yakni sebagai berikut.

  1. Via Mall Pelayanan Publik (MPP)
  2. Melalui Mobile Custumer Service (MCS)
  3. Lewat Care Center 165

Tips & Trick Memilih Faskes BPJS Kesehatan

Tips & Trick Memilih Faskes BPJS Kesehatan

Nah selanjutnya kami akan memberikan kalian sedikit tips and trick dalam memilih faskes BPJS kesehatan. Ada beberapa tips and trick yang harus kalian perhatikan, sebenarnya tips ini berguna agar kalian tidak salah dalam memiliki faskes. Langsung saja untuk tips and tricknya yakni sebagai berikut.

  • Ketersediaan Fasilitas Yang Lengkap

Tips yang pertama yang harus kalian perhatikan yakni kalian harus memilih faskes yang fasilitas kebutuhan medisnya sangat penuh. Dengan kata lain, fasilitasnya memadai dan tidak kekurangan, salah satunya harus memiliki dokter spesials, laboratorium, radiologi, dan fasilitas yang diberikan untuk rawat inap.

  • Kualitas Pelayanan Petugasnya

Pilihlah faskes yang mempunyai kualitas pelayanannya sangat baik, dalam hal ke professional ketika bekerja. Carilah referensi tentang pelayanan pada faskes yang ditentukan agar kalian mendapatkan pelayanan yang terbaik dan pastikan reputasinya sangat baik.

  • Lokasi Terdekat

Setelah itu, pilihlah faskes yang terdekat saja, agar nantinya kalian bisa mengunjungi jika kenapa-kenapa. Mudah dijangkau juga dan pastikan paling dekat dengan rumah atau tempat tinggal kalian, hal tersebut agar memudahkan kalian untuk mendapatkan perawatan yang efektif.

Penutup

Akhir kata kami mengucapkan banyak-banyak terimakasih untuk kalian yang sudah setia membahas ulasan yang kali ini. Tidak lupa kami juga meminta maaf bila ada kesalahan dalam penulisannya dan salah dalam penyampaian informasinya. Kurang lebihnya mohon maaf, sampai bertemu dilain kesempatan, see you next time dan sampai jumpa kembali.

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News KPP621.id

Originally posted 2023-05-10 00:06:09.